Pfizer Tarik Obat Darah Tinggi dari Peredaran

Jakarta, CNN Indonesia — Pfizer tarik sejumlah obat darah tinggi. Perintah penarikan itu diberikan terhadap beberapa obat dengan tiga merek.

Obat tersebut adalah Accuretic dan dua versi generiknya yang didistribusikan oleh Greenstone. Obat dengan kandungan quinapril HCI/hydrochlorothiazide itu akan ditarik kembali dari peredaran.

Accuretic dan dua versi generiknya itu merupakan obat untuk pasien hipertensi. Obat ini menurunkan risiko kejadian kardiovaskular berbahaya seperti stroke.

Penarikan tersebut bersifat sukarela dan dilakukan terhadap tablet yang mengandung nitrosamin tingkat tinggi. Kandungan nitrosamin diketahui bersifat karsinogenik yang dapat meningkatkan atau menimbulkan risiko kanker.

“Nitrosamin umum ditemukan dalam air dan makanan, termasuk daging yang diawetkan dan dipanggang, produk susu, serta beberapa sayuran,” tulis Pfizer dalam rilisnya, mengutip CNN.

Setiap orang yang terpapar nitrosamin dalam tingkat tertentu dapat meningkatkan risiko kanker. Apalagi jika nitrosamin dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

Pfizer yang tarik obat darah tinggi ini mengatakan bahwa nitrosamin merupakan senyawa yang ‘tidak sengaja’ muncul dalam obat. Nitrosamin menjadi reaksi kimia dari bahan-bahan tertentu yang digunakan dalam produksi obat.

Pfizer sendiri mengaku tak mengetahui adanya laporan efek samping dari penggunaan obat tersebut. Obat tersebut diklaim aman selama lebih dari 20 tahun.

“Distributor dan grosir harus menghentikan penggunaan dan distribusi obat ini,” tegas Pfizer.

Pfizer juga merekomendasikan agar pasien yang menggunakan obat tersebut segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencari alternatif.

Tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang dialami banyak orang. Dalam 30 tahun terakhir, jumlah orang berusia lebih dari 30 tahun yang memiliki darah tinggi meningkat hingga dua kali lipat.

Source : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220328094905-255-776873/pfizer-tarik-obat-darah-tinggi-dari-peredaran