Manfaat Suplemen Minyak Ikan untuk Tumbuh Kembang Anak

Memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak sangat penting diperhatikan orang tua untuk menunjang tumbuh kembangnya. Termasuk dengan memberikan suplemen minyak ikan untuk kebutuhan asam lemak omega-3 si Kecil!

Ya, nutrisi yang terdapat dalam suplemen minyak ikan memiliki peran yang sangat penting untuk menunjang fungsi organ tubuh agar bisa bekerja dengan optimal.

Apa saja sih manfaat suplemen minyak ikan untuk tumbuh kembang anak? Berikut ulasannya:

1. Mengurangi risiko diabetes

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Brain Research mengemukakan bahwa minyak ikan bisa membantu mengurangi risiko diabetes dan penurunan perkembangan kognitif anak.

Studi tersebut memaparkan bahwa suplemen minyak ikan membantu melindungi sel di dalam otak yang disebut hippocampus, dari risiko kerusakan sekaligus mengurangi terjadinya stres oksidatif.

2. Mencegah gangguan kecemasan

Anak mudah cemas atau panik? Coba yuk berikan suplemen minyak ikan sesuai kebutuhan. Berdasarkan sebuah studi yang dimuat dalam Clinical Reviews in Food Science and Nutrition, kandungan asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam minyak ikan memiliki peran yang cukup baik untuk mengatasi gangguan kecemasan yang muncul pada anak.

3. Menjaga kesehatan mata

Kandungan DHA pada omega-3 banyak ditemukan pada retina mata, sehingga DHA dianggap memiliki peran penting dalam pertumbuhan dan fungsi mata. Kadar DHA yang sedikit di dalam tubuh anak berpotensi menyebabkan fungsi retina mata jadi terganggu.

4. Menurunkan risiko asma

Manfaat suplemen minyak ikan untuk anak juga termasuk pada kesehatan sistem pernapasannya. Kandungan asam lemak omega-3 disebut mampu menurunkan peradangan pada saluran napas yang sering dialami anak dengan riwayat asma.

Beberapa hasil penelitian mengatakan bahwa gejala asma pada anak yang rutin mengonsumsi minyak ikan terbukti berkurang, bila dibandingkan dengan anak yang menderita asma dan tidak mengonsumsi minyak ikan.

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Sebuah studi dalam Journal of Sleep Research menemukan kaitan antara kadar asam lemak omega-3 yang rendah dengan risiko masalah gangguan tidur pada anak.

Nah, mengonsumsi suplementasi minyak ikan dipercaya dapat meningkatkan kadar DHA pada tubuh sehingga dapat menambah jumlah jam tidur anak dan membuatnya tidur lebih nyenyak.

6. Menguatkan tulang

Penelitian menunjukkan bahwa suplementasi omega-3 dapat meningkatkan kekuatan tulang, yakni dengan cara membantu proses penyerapan kalsium dan mineral penting yang dibutuhkan untuk struktur tulang yang sehat.

Asam lemak omega-3 juga dapat membantu mengendalikan peradangan yang menyebabkan pengeroposan tulang (osteoporosis).

7. Menurunkan risiko alergi

Manfaat suplemen minyak ikan untuk anak berikutnya adalah menurunkan risiko alergi. Kandungan asam lemak omega-3 dipercaya dapat meningkatkan imunitas dan berpotensi sebagai pelindung tubuh anak dari alergi.

Asupan omega-3 dapat tercukup secara alami apabila anak diberi makanan bergizi seimbang dan bervariasi setiap harinya. Namun, untuk memastikan kebutuhan omega-3 anak terpenuhi, pemberian suplemen minyak ikan dapat diberikan untuk anak.

Yuk belanja kebutuhan suplemen keluarga hanya di Apotek Pharmaplus! Kami selalu berkomitmen untuk menjaga kualitas pelayanan mulai dari proses persiapan hingga pemberian obat ke pasien.

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)