7 Rekomendasi Obat Batuk Kering dan Tenggorokan Gatal

Batuk memang menjadi salah satu penyakit yang relatif umum dialami, terutama akibat reaksi alergi atau iritasi. Untuk membantu mempercepat proses penyembuhan, ada beberapa rekomendasi obat batuk yang bisa dikonsumsi.

Tapi ingat ya, saat minum obat batuk pastikan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan selalu sesuai aturan yang tertera dalam kemasan. Ini penting supaya penggunaan obat bisa lebih efektif.

Untuk mengatasi batuk kering, biasanya yang digunakan dalam obat batuk adalah kandungan bersifat antitusif dan dekongestan seperti dextromethorphan dan guafenesin.

Dikutip dari Medline Plus, kandungan tersebut bekerja dengan menekan batuk, serta melegakan hidung dan tenggorokan. Berikut pilihannya:

1. Woods Peppermint Antitussive

Woods Peppermint Antitussive menjadi salah satu obat batuk kering tanpa resep dokter yang dijual di apotek. Obat batuk berbentuk sirup ini memiliki kandungan 12,5 mg diphenhydramine dan 7,5 mg dextromethorphan.

Kedua kandungan tersebut bekerja sebagai antitusif dan antihistamine yang dapat meredakan batuk kering secara bertahap.

2. Bodrex Flu & Batuk PE

Jika kamu memiliki gejala penyerta seperti sakit kepala, demam, dan flu, obat batuk yang dapat dikonsumsi salah satunya Bodrex Flu & Batuk PE.

Selain mengandung dextromethorphan sebagai komposisi pereda batuk, obat Bodrex Flu & Batuk PE juga dilengkapi kandungan paracetamol sebagai pereda demam dan sakit kepala.

3. OB Herbal

Ingin mengonsumsi obat batuk dengan kandungan herbal? Pilihannya bisa kepada OB Herbal. Obat batuk kering ini mengandung bahan-bahan herbal yang diformulasikan untuk membantu meredakan batuk dan melegakan tenggorokan.

Termasuk di antaranya seperti ekstrak jahe, kencur, dan akar manis yang dikenal dapat membantu menghangatkan tenggorokan.

4. Actifed Plus Cough Suppressant

Actifed Plus Cough Suppressant merupakan obat batuk berbentuk sirup yang mengandung dextromethorphan HBr, pseudoephedrine HCl, dan triprolidine HCl.

Komposisi tersebut dapat digunakan untuk meringankan gejala flu, termasuk yang disertai dengan batuk kering dan tenggorokan gatal.

5. Siladex Antitussive

Siladex Antitussive diformulasikan secara khusus untuk membantu mengatasi masalah batuk tidak berdahak, karena memiliki kandungan guaifenesin dan bromhexine di dalamnya.

6. Herbakof Sirup

Pilihan obat batuk kering herbal lainnya yakni Herbakof Sirup. Obat batuk kering ini memiliki kandungan herbal seperti daun legundi, jahe, daun saga, dan buah mahkota dewa.

Kombinasi bahan-bahan herbal tersebut dipercaya dapat meredakan batuk kering dan melegakan tenggorokan.

7. Sanadryl DMP Sirup

Obat Sanadryl DMP Sirup memiliki kandungan zat aktif berupa dextromethorphan Hbr, difenhidramin HCl, ammonium klorida, natrium sitrat dan menthol. Kamu bisa membeli obat batuk kering ini secara bebas, tetapi sebaiknya tetap sesuai dengan petunjuk dokter, ya.

Cara alami mengatasi batuk kering

Selain dengan meminum obat batuk kering, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami rumahan untuk meredakan keluhan ini. Beberapa di antaranya seperti:

  • Madu

Bahan ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada tenggorokan. Selain itu, madu juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan akibat batuk kering.

  • Larutan air garam

Air garam berkhasiat untuk menenangkan peradangan dan membantu mempercepat proses penyembuhan pada batuk. Secara alami, berkumur dengan air garam juga dapat membunuh bakteri di mulut dan tenggorokan, yang berpotensi menjadi penyebab batuk kering.

  • Jahe

Tanaman herbal ini memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghangatkan tenggorokan.

Mau beli obat batuk? Jangan ragu untuk berbelanja kebutuhan kesehatanmu hanya di Apotek Pharmaplus! Kami selalu berkomitmen untuk menjaga kualitas pelayanan mulai dari proses persiapan hingga pemberian obat ke pasien.

Keunggulan belanja obat dan suplemen di Apotek Pharmaplus:

✅ Dijamin setiap obat 100% asli dan berkualitas
✅ Gratis konsultasi dengan Apoteker
✅ Pilihan obat terlengkap
✅ Lebih hemat setiap hari
✅ Tak perlu repot karena bisa belanja via WhatsApp

Yuk, segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)