Perbedaan Obat Resep Dokter dan Obat Bebas, Jangan Keliru Ya!

Obat adalah paduan bahan yang digunakan untuk memengaruhi tubuh dalam rangka penetapan diagnosis, pencegahan, penyembuhan, dan pemulihan. Perbedaan obat resep dokter dan obat bebas pun perlu diketahui agar pasien tidak salah membeli.

Dalam mengatasi penyakit yang dianggap ringan, sebagian besar masyarakat lebih memilih untuk membeli obat yang dijual bebas. Padahal perlu diketahui bahwa tidak semua keluhan penyakit bisa disembuhkan dengan obat bebas atau obat OTC (over the counter).

Perbedaan obat resep dan obat bebas

Pada kasus medis tertentu dan kamu berobat ke dokter, dokter dapat memberikan resep obat untuk mengatasi keluhan yang ada. Nah, obat dengan resep dokter biasanya tidak dapat diperjualbelikan secara bebas.

Apa itu obat resep?

Obat resep adalah rincian daftar obat yang diberikan pada seseorang setelah menjalani pemeriksaan oleh dokter. Nantinya sesuai gejala dan riwayat penyakit, dokter dapat memberikan resep obat yang perlu ditebus ke apotek. Obat resep biasanya memiliki komposisi yang lebih kuat, sehingga lebih spesifik dalam menyembuhkan gejala atau keluhan pasien.

Resep obat bersifat individu, artinya hanya berlaku pada pasien yang sudah menjalani pemeriksaan dan tidak dapat diberikan pada orang lain. Jadi, meskipun ada orang lain yang memiliki keluhan atau gejala sama, ia belum tentu dapat mengonsumsi obat dengan resep yang sama juga.

Apa itu obat bebas?

Sesuai namanya, obat yang dijual bebas bisa dibeli tanpa resep dokter. Biasanya obat-obatan jenis ini bisa didapat di supermarket, toko obat, apotek, atau bahkan warung kelontong.

Obat OTC umumnya digunakan untuk menangani penyakit ringan dan memiliki efek samping minimal. Dari segi harga, obat OTC biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan obat resep.

Obat bebas bisa dikonsumsi tanpa perlu pemeriksaan dokter terlebih dahulu. Tetapi meski begitu, kamu tetap perlu memperhatikan dosis dan aturan pakai di kemasan obat.

Tebus resep atau beli obat bebas, di Apotek Pharmaplus saja!

Apotek Pharmaplus selalu menjaga mutu pelayanan, mulai dari proses persiapan hingga pemberian obat ke pasien. Stok obat resep (etikal) maupun obat bebas pun lengkap dan terjamin kualitasnya!

Apotek Pharmaplus menyediakan beragam merek obat bebas, suplemen, dan berbagai produk kesehatan lainnya. Kamu bisa berkonsultasi gratis dengan apoteker kami.

Belanja obat (dengan resep dokter maupun obat bebas) di Apotek Pharmaplus kini semakin mudah via WhatsApp! Berikut daftar lokasi cabang Apotek Pharmaplus:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)