7 Vitamin dan Mineral yang Wajib Dikonsumsi agar Kulit Sehat

Untuk memiliki kulit yang sehat dan glowing, perawatan dari dalam tak kalah pentingnya dari perawatan luar, lho. Dibarengi dengan pemakaian produk perawatan kulit yang tepat, pemenuhan asupan nutrisi juga perlu diperhatikan dengan benar.

Salah satunya dengan menerapkan pola makan sehat dan memperhatikan kandungan vitamin serta mineral dari asupan sehari-hari.

Jika kondisinya tak memungkinkan untuk kamu mendapatkan seluruh kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan, pemenuhan nutrisi harian ini juga bisa didapat dari suplemen. Tetapi supaya lebih sesuai dengan kebutuhan, kamu bisa konsultasi dahulu, ya.

Vitamin dan mineral untuk kulit sehat

Berikut beberapa vitamin dan mineral yang penting dipenuhi untuk kulit yang sehat dan glowing:

1. Vitamin A

Meski lebih dikenal bermanfaat untuk kesehatan mata, vitamin A juga memiliki efek positif untuk kulit. Vitamin A berfungsi mencegah kulit kering, serta memperbaiki lapisan sel kulit yang rusak.

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, produk hati, ubi jalar, bayam dan sayuran hijau lainnya dalam jumlah cukup sangat baik untuk menjaga kehalusan dan kelembutan kulit.

2. Vitamin B-kompleks

Vitamin B-kompleks ampuh mencegah penuaan dini. Jika defisit vitamin B-kompleks, kamu jadi lebih berisiko mengalami berbagai gangguan kulit seperti dermatitis, kulit berminyak, kulit kering, kulit keriput, ketombe dan bibir pecah-pecah.

Penuhi asupan vitamin B-kompleks dengan mengonsumsi biji-bijian seperti oatmeal, gandum, kacang-kacangan, daging dan ikan.

3. Vitamin C

Bingung pilih menu camilan sehat? Yuk mulai rajin mengonsumsi buah potong! Berbagai buah beri (stroberi, cranberry, blueberry, blackberry), apel, melon dan buah-buahan lainnya kaya akan vitamin C, yang baik untuk kesehatan kulit.

Vitamin C bermanfaat untuk membuat kulit lebih cerah, kenyal dan sehat. Vitamin ini juga berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dan mengatur produksi kolagen dalam tubuh.

4. Vitamin D

Salah satu jenis vitamin D yang dapat diproduksi secara alami oleh tubuh manusia yaitu karsitol, memiliki kemampuan untuk mengurangi inflamasi dan iritasi pada penderita kelainan kulit psoriasis.

Selain dari suplemen, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin D dari ikan salmon, tuna, ikan cod serta produk makanan yang telah difortifikasi seperti yoghurt dan sereal.

5. Vitamin E

Vitamin E sudah dikenal bermanfaat bagi kesehatan kulit, terutama mencegah penuaan dini dan merangsang regenerasi sel kulit baru. Penuhi kebutuhan vitamin E sehari-hari dari asupan bergizi seperti brokoli, almond, biji-bijian, sayuran hijau dan telur.

Vitamin E diketahui bekerja lebih optimal sebagai antioksidan dalam mengatasi kerusakan sel kulit akibat sinar matahari bila dikombinasikan dengan vitamin C.

6. Selenium

Tak hanya vitamin, mineral seperti selenium juga perlu dipenuhi kebutuhan hariannya untuk menjaga kesehatan kulit. Bersama vitamin C, selenium memiliki peran penting dalam menangkal radikal bebas untuk mencegah kerusakan sel, termasuk sel kulit.

Maka dari itu, konsumsi selenium sangat penting untuk mencegah penuaan dini dan kanker kulit. Kamu bisa mendapatkan asupan selenium dari makanan seperti daging dan seafood.

7. Seng (zinc)

Seng atau biasa disebut zinc dapat membantu mengatasi kulit berjerawat serta mengontrol produksi minyak berlebih. Selain itu, seng juga diperlukan tubuh sebagai anti-inflamasi dan melindungi kulit dari sinar UV.

Seng banyak terdapat pada makanan laut seperti tiram, kepiting, dan udang, juga pada jamur serta bayam.

Nah, untuk menjaga kesehatan kulit, pastikan mulai saat ini kamu rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral ini, ya! Yang tak kalah penting, jangan lupa minum air putih paling sedikit 1,5 liter setiap hari agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Jika kamu perlu tambahan asupan vitamin dan mineral dari suplemen, kamu bisa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker di Apotek Pharmaplus.

Belanja obat dan suplemen di Apotek Pharmaplus kini semakin mudah via WhatsApp! Berikut daftar lokasi cabang Apotek Pharmaplus:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)