5 Tips Agar Anak Mau Minum Obat, Tak Sulit Kok!

Saat si Kecil sedang sakit, memberikan obat sering kali menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi para orang tua. Ini terutama karena sebagian besar obat memiliki rasa pahit. Nah, bagaimana tips agar anak mau minum obat?

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya semakin dipaksa, anak justru akan semakin menolak. Termasuk saat harus minum obat.

Mereka juga berisiko mengalami tersedak dan muntah, yang dapat berujung pada rasa trauma terhadap keperluan minum obat itu sendiri.

Tips agar anak mau minum obat

Lalu apa saja cara-cara yang dapat dilakukan orang tua agar anak mau minum obat dengan lebih mudah? Yuk simak ulasan berikut ini:

1. Beri informasi lengkap pada anak

Dikutip dari Nationwide Children’s, pendekatan terhadap anak sejak awal menjadi langkah penting. Salah satunya dengan memberi informasi tentang mengapa ia perlu minum obat dan apa jenis obat yang ada. Lakukan secara tegas dan emosi yang tenang, agar anak pun tetap merasa aman.

2. Memberi obat dalam kondisi sadar

Pastikan untuk memberikan obat pada anak saat ia dalam kondisi sadar, bukan saat mengantuk atau malah saat sedang tidur. Selain dapat membuatnya merasa dibohongi, kebiasaan ini juga berbahaya karena rentan membuat anak tersedak.

3. Jika bisa, pilih obat sirup

Apabila memungkinkan, utamakan pemilihan obat berbentuk sirup untuk mempermudah anak minum obat. Ini karena obat sirup biasanya lebih manis dan mudah ditelan.

Tetapi jika obat yang tersedia hanya berbentuk tablet, jangan lupa tanyakan dulu pada dokter apakah boleh digerus atau dilarutkan dengan air.

4. Gunakan alat bantu

Beberapa alat bantu juga dapat menjadi cara agar anak mau minum obat, misalnya sendok takar kecil atau pipet. Masing-masing alat bantu ini biasanya sudah tersedia di dalam kemasan obat, sesuai dengan usia dan kebutuhan.

Misalnya seperti pipet, biasa digunakan untuk anak usia kurang dari 2 tahun. Sementara sendok takar, umumnya digunakan pada anak 2 tahun ke atas.

5. Atur posisi duduk

Posisi yang nyaman menjadi salah satu hal penting juga saat ingin anak mudah minum obat. Sebisa mungkin pastikan ia duduk dengan tegak agar proses menelan obat lebih mudah. Jika perlu, bisa juga sediakan bantal di punggung anak supaya ia lebih nyaman.

Nah, saat anak sudah berhasil minum obat dengan lancar, jangan lupa berikan pujian sebagai bentuk apresiasi atas upayanya, ya! Dikutip dari Kids Health, rasa percaya diri bisa membuat anak merasa upaya yang ia lakukan dihargai oleh orang tua, lho.

Mau belanja stok obat dan suplemen vitamin untuk kebutuhan kesehatan si Kecil? Yuk ke Apotek Pharmaplus!

Kenapa sih perlu belanja kebutuhan obat di Apotek Pharmaplus?

✅ Dijamin setiap obat 100% asli dan berkualitas
✅ Gratis konsultasi dengan Apoteker
✅ Pilihan obat terlengkap
✅ Lebih hemat setiap hari
✅ Tak perlu repot karena bisa belanja via WhatsApp

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)