7 Dampak Kekurangan Vitamin C bagi Kesehatan Tubuh

Vitamin C merupakan salah satu komponen penting bagi kesehatan tubuh. Nah, jadi apa saja sih dampak yang bisa terjadi saat tubuh kekurangan asupan vitamin C?

Perlu diketahui bahwa defisiensi vitamin C pada umumnya bisa berdampak pada gangguan perbaikan jaringan tubuh. Termasuk pada gigi, tulang, dan kulit. Bagian-bagian tubuh tersebut pun jadi rentan mengalami masalah.

Akibat kekurangan vitamin C

Manfaat vitamin C bagi tubuh selain memperbaiki jaringan tubuh, juga berperan bagi kesehatan kulit, membantu penyerapan zat besi, hingga menjaga sistem kekebalan tubuh. Apa saja dampak kekurangan vitamin C bagi tubuh?

1. Gangguan penyembuhan luka

Salah satu zat yang berperan penting untuk proses penyembuhan luka adalah kolagen. Tetapi sayangnya ketika kamu kurang cukup mengonsumsi vitamin C, produksi kolagen dalam tubuh menjadi tidak maksimal.

Kondisi tersebut rentan membuat luka jadi sulit sembuh dan rentan terkena infeksi. Maka dari itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C sesuai kebutuhan saat dalam masa pemulihan luka.

2. Mudah memar

Saat kekurangan vitamin C, pembuluh darah kapiler di pinggir kulit akan lebih mudah pecah karena berkurangnya jumlah kolagen. Akibatnya, darah akan ‘bocor’ ke area sekitarnya dan menimbulkan tampilan memar.

3. Gusi mudah berdarah dan sariawan

Kekurangan vitamin C juga berdampak pada kesehatan mulut, termasuk seperti sariawan dan gusi berdarah. Kondisi ini juga disebabkan kurangnya kolagen akibat defisiensi vitamin C, yang salah satunya berfungsi menjaga kesehatan gusi.

4. Sistem imun melemah

Manfaat vitamin C salah satunya juga untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Jika kurang asupan vitamin C, kamu mungkin akan merasakan kondisi tubuh yang kurang bugar. Misalnya, jadi lemas, mual, serta penurunan nafsu makan.

5. Gampang lelah dan mudah marah

Apabila kebutuhan vitamin C dalam tubuh tidak terpenuhi, maka proses perubahan lemak menjadi energi akan terganggu. Selain itu, kekurangan vitamin C juga dapat mengakibatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi berkurang, sehingga meningkatkan risiko terjadinya anemia defisiensi besi.

Tak kalah penting, kekurangan vitamin C yang memiliki sifat antioksidan juga dapat menyebabkan suasana hati mudah berubah-ubah.

6. Kulit kering dan kusam

Selain dengan penggunaan skincare rutin, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harianmu demi kulit sehat! Alasannya, dalam memproduksi protein yang membentuk lapisan kulit dan jaringan ikat tubuh atau yang biasa disebut kolagen, tubuh memerlukan vitamin C.

Maka dari itu, kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan kadar kolagen menurun dan berpotensi menimbulkan beberapa masalah seperti, kulit kusam, kering, dan kasar.

7. Tulang rentan rapuh

Menjaga kesehatan tulang adalah hal yang penting untuk diperhatikan, mengingat fungsi tulang bagi tubuh sangat krusial. Salah satunya yakni dengan mencukupi kebutuhan vitamin C harianmu.

Kekurangan vitamin C diketahui dapat menyebabkan penyakit osteoporosis, yaitu pengeroposan tulang.

Pastikan tubuh cukup asupan vitamin C!

Pria dewasa direkomendasikan untuk mengonsumsi vitamin C setidaknya 90 mg/hari. Sementara itu, wanita dewasa membutuhkan sekitar 75-85 mg/hari. Dan anak-anak sebanyak 50-75 mg/hari.

Kamu bisa memilih berbagai jenis dan merek suplemen vitamin C sesuai kebutuhan di Apotek Pharmaplus! Jangan ragu untuk tanyakan rekomendasi ke Apoteker kami ya!

✅ Dijamin setiap obat 100% asli dan berkualitas
✅ Gratis konsultasi dengan Apoteker
✅ Pilihan obat terlengkap
✅ Lebih hemat setiap hari
✅ Tak perlu repot karena bisa belanja via WhatsApp

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)