7 Rekomendasi Obat Sakit Gigi yang Ampuh di Apotek

Rasa nyaman akibat sakit gigi bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, bukan? Ini karena saat sakit gigi, sering kali rasa nyeri menjalar hingga ke sekitar rahang dan gusi. Apa saja rekomendasi obat sakit gigi yang ampuh?

Sebagai pengobatan pertama sakit gigi, kamu dapat mengonsumsi obat antinyeri terlebih dahulu. Jika sakit terus berlangsung atau justru semakin tak tertahankan, jangan tunda untuk segera cek ke dokter gigi, ya!

Pilihan obat sakit gigi

Berikut beberapa pilihan obat sakit gigi ampuh yang bisa dikonsumsi untuk redakan nyeri sementara waktu:

1. Panadol Extra

Panadol Extra dengan kemasan berwarna merah ini memiliki kandungan paracetamol dan kafein. Obat ini bisa menjadi salah satu pilihan obat sakit gigi yang ampuh karena memiliki indikasi meredakan nyeri.

Setiap kaplet Panadol Extra mengandung 500 miligram paracetamol dan 65 miligram kafein. Paracetamol sebagai analgetik, bekerja dengan meningkatkan ambang rasa sakit dan kafeinnya bekerja dengan menghambat kerja reseptor adenosin untuk mengurangi rasa nyeri.

Dosis untuk anak-anak di atas 12 tahun hingga dewasa sebanyak 1 kaplet, 3-4 kali sehari.

2. Ponstan 500 mg

Obat sakit gigi selanjutnya yakni Ponstan, yang mengandung asam mefenamat. Obat ini juga ampuh mengatasi sakit kepala, sakit gigi, dismenore primer, termasuk nyeri karena trauma, nyeri otot, dan nyeri pascaoperasi.

Secara umum, dosis penggunaannya yakni untuk anak di atas 14 tahun hingga dewasa sebanyak 1 tablet sebanyak 3 kali sehari.

3. Mefinal 500 mg

Obat sakit gigi ampuh juga ada Mefinal dengan sediaan kaplet. Obat ini kerap digunakan untuk meredakan nyeri akibat gigi berlubang atau radang gusi. Mefinal mengandung asam mefenamat yang bersifat analgesik untuk mengurangi nyeri.

Per kapletnya, obat ini mengandung 500 miligram asam mefenamat. Dosis untuk orang dewasa dan anak di atas 14 tahun sebanyak 1 kaplet, 3 kali sehari.

4. Bodrex Extra

Bodrex Extra memiliki tiga kandungan sekaligus yaitu paracetamol, ibuprofen, dan kafein. Tepatnya dalam satu kaplet terdapat mengandung 350 miligram paracetamol, 200 miligram ibuprofen, dan 50 miligram kafein.

Obat ini dapat digunakan untuk meredakan nyeri sakit gigi, dengan dosis untuk dewasa dan anak di atas 12 tahun sebanyak 1-2 kaplet, 3-4 kali sehari.

5. Dentasol

Dentasol merupakan salah satu obat sakit gigi berbentuk cair yang bisa didapatkan di apotek. Karena berbentuk cair, obat ini bisa dioleskan secara langsung pada area gigi dan gusi yang sakit di sekitarnya dengan kapas. Oleskan pada bagian yang sakit setiap 3-4 jam.

6. Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat golongan anti-inflamasi nonsteroid yang mempunyai efek anti-inflamasi, analgesik, dan antipiretik. Maka dari itu, obat ini efektif meredakan rasa nyeri termasuk untuk meredakan sakit gigi.

Penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter. Umumnya sebanyak 1 tablet, 3-4 kali sehari untuk dewasa.

7. Cataflam

Selain Ibuprofen, Cataflam juga termasuk obat sakit gigi paling ampuh yang bisa dibeli di apotek. Obat anti-inflamasi nonsteroid ini mengandung diclofenac potassium. Kandungan aktif ini bekerja menghambat enzim yang memicu munculnya rasa nyeri di area yang rusak, termasuk di antaranya seperti gigi berlubang, gusi bengkak, dan lain sebagainya.

Kapan perlu ke dokter gigi?

Jika sudah minum obat sakit gigi tapi nyeri tak membaik atau malah semakin memburuk, segera konsultasi ke dokter gigi. Temui juga dokter gigi apabila mengalami kondisi berikut:

  • Sakit gigi berlangsung lebih dari dua hari
  • Sakit gigi disertai demam tinggi
  • Nyeri saat menggigit atau mengunyah
  • Gusi merah, bengkak hingga bernanah
  • Pipi atau rahang membengkak

Kamu juga bisa berkonsultasi tentang pilihan obat sakit gigi dengan apoteker di Apotek Pharmaplus! Di Apotek Pharmaplus, semua obat terjamin asli, berkualitas dan lengkap pilihannya.

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)