Tips Memilih Obat Kumur yang Aman untuk Gigi dan Mulut

Penggunaan obat kumur atau mouthwash dapat membantu memaksimalkan perawatan gigi dan mulut. Meski begitu, kamu perlu tahu cara memilih obat kumur yang aman dan sesuai dengan kebutuhan.

Obat kumur sendiri kerap digunakan setelah menyikat gigi, dengan tujuan untuk memastikan agar tidak ada sisa bakteri atau virus pemicu bau mulut. Selain itu, obat kumur juga digunakan untuk menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan.

Maka dari itu, penting untuk memastikan kamu memilih produk obat kumur yang tepat. Terutama dari kandungan bahan aktif yang dimilikinya.

Cara memilih obat kumur yang tepat

Setelah menyikat gigi, kamu dapat melengkapi perawatan kebersihan dan kesehatan mulut dengan obat kumur. Cairan antiseptik ini memiliki kegunaan untuk membersihkan sela-sela gigi, menjaga napas tetap segar, serta menjaga kesehatan permukaan lidah dan gusi.

Untuk memilih obat kumur yang tepat, ketahui beberapa kandungan yang dimiliki dalam beberapa jenis dan merek:

1. Antimikrobial

Kandungan ini berperan penting untuk mengurangi plak dan mengatasi gingivitis. Zat ini juga bisa membantu mengatasi peradangan gusi pada tahap awal, serta membunuh bakteri yang bisa menjadi pemicu bau mulut.

2. Astringent salt

Memiliki peran dalam mengatasi dan mencegah bau mulut, yang bisa menurunkan rasa percaya diri. Kandungan astringent salt berperan untuk menyamarkan bau mulut.

3. Fluoride

Beberapa jenis obat kumur juga memiliki kandungan fluoride. Zat aktif ini berperan penting untuk membantu mencegah terbentuknya karang gigi dan gigi berlubang.

4. Peroksida

Kandungan peroksida dalam produk pembersih gigi dan mulut bekerja untuk mencegah munculnya noda pada permukaan gigi.

5. Antiseptik

Berfungsi sebagai komponen antibakteri, antifungal dan antivirus. Ada beragam jenis antiseptik yang bisa ditemukan dalam obat kumur, salah satunya hexetidine.

Aturan pemakaian obat kumur

Supaya penggunaan obat kumur bisa lebih maksimal dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut, berikut beberapa aturan yang perlu dipahami:

  • Pastikan jenis dan merek obat kumur pilihanmu sudah terdaftar pada BPOM
  • Gunakan obat kumur sehari sekali sebelum tidur atau setelah menyikat gigi
  • Gunakan secukupnya sekali pakai, atau kira-kira 10 ml
  • Gunakan obat kumur selama 15-30 detik lalu dibuang
  • Jangan mengonsumsi makanan atau minuman selama 30 menit setelah memakai obat kumur

Mau mencoba untuk mulai rutin pakai obat kumur? Yuk pilih-pilih dan belanja kebutuhan kesehatanmu hanya di Apotek Pharmaplus! Kamu bisa bebas berkonsultasi tentang produk obat dengan apoteker profesional kami.

Di Apotek Pharmaplus, semua obat dan kebutuhan kesehatan yang tersedia terjamin asli, berkualitas dan lebih lengkap pilihannya.

Tidak bisa belanja langsung ke apotek? Tak perlu khawatir! Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)