Jangan Panik, Ini 5 Cara Mengatasi Obat Tersangkut di Tenggorokan

Saat meminum obat dengan sediaan seperti pil, tablet atau kapsul, kadang bisa saja obat akan tersangkut di tenggorokan. Terutama ketika obat diminum secara terburu-buru atau terlalu banyak sekaligus.

Kondisi ini bisa membuat tenggorokan jadi terasa tidak nyaman, terasa seperti ada yang mengganjal, dan bahkan dalam beberapa kasus bisa menyumbat jalan napas.

Jika sudah seperti ini, mungkin diperlukan bantuan dari orang lain dan atau bahkan dokter.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi obat tersangkut di tenggorokan:

1. Minum air putih

Saat obat terasa tersangkut di tenggorokan, langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan banyak minum air putih. Air putih membantu membuat tenggorokan menjadi lebih basah dan licin, sehingga obat bisa tertelan dan tidak tersangkut lagi.

Kamu bisa melakukan cara ini hingga beberapa kali sampai obat terasa benar-benar sudah tertelan. Dilansir Livestrong, kamu juga bisa meminum air putih dengan jumlah cukup banyak, kumpulkan di mulut terlebih dahulu, baru kemudian telan.

2. Mengonsumsi roti

Mengonsumsi makanan yang berukuran agak besar dan bertekstur lembut seperti roti atau kue lainnya juga bisa menjadi cara mengatasi obat tersangkut di tenggorokan.

Saat obat terasa masih mengganjal, gulung sedikit roti atau kue, kemudian masukkan ke dalam mulut dan kunyah sedikit lalu telan. Dorongan dari makanan seperti ini juga bisa membantu mendorong obat lebih kuat.

3. Menundukkan leher sambil minum

Bukan mengangkat dagu, dorongan saat menelan sebenarnya akan menjadi lebih efektif jika dilakukan sambil menundukkan leher. Cobalah untuk minum air putih dengan menempelkan dagu ke dada.

4. Minum jus buah

Apabila menelan makanan seperti masih membuat obat terasa tersangkut di tenggorokan, maka cobalah untuk mendorongnya dengan minuman bertekstur kental seperti jus buah.

Minuman bertekstur kental dapat membantu mendorong obat masuk tertelan, terutama jika terasa ada yang mengganjal di tenggorokan. Tapi ingat ya, baca aturan pakai obat terlebih dahulu.

5. Manuver Heimlich

Apabila kamu sedang minum obat sendirian dan kemudian tersedak, segera lakukan dorongan dari perut atau manuver Heimlich seorang diri. Cara ini cukup efektif untuk membantu mengatasi sumbatan di tenggorokan, yakni dengan:

  • Kepalkan salah satu tangan dan letakkan di perut, tepatnya di bagian atas pusar
  • Pegang pergelangan tangan yang mengepal dengan tangan lainnya
  • Temukan permukaan atau benda kokoh seperti meja atau tembok Gunakan benda tersebut untuk mendorong kepalan tangan dengan gerakan cepat sambil menyentak ke atas

Tips nyaman minum obat pil/kapsul

Supaya obat pil, kapsul, atau tablet dapat tertelan dengan lebih nyaman, ada beberapa tips yang bisa diterapkan:

  1. Memposisikan tubuh dengan tepat saat minum obat. Hindari minum obat sambil berbaring atau bersandar karena bisa membuat obat tersangkut.
  2. Berikan jeda waktu sesudahnya beberapa menit untuk memastikan obat benar-benar sudah tertelan dan masuk ke
    dalam tubuh.
  3. Sediakan juga air putih yang banyak saat minum obat.
  4. Bicarakan kepada dokter jika ada trauma minum obat pil/kapsul
  5. Jika perlu, potong obat menjadi bagian lebih kecil atau gerus supaya mudah ditelan.

Pastikan kebutuhan obat dan suplemen harianmu terpenuhi hanya dari Apotek Pharmaplus! Kamu bisa konsultasi gratis dengan apoteker profesional kami juga, lho~

✅ Dijamin setiap obat 100% asli dan berkualitas
✅ Gratis konsultasi dengan Apoteker
✅ Pilihan obat terlengkap
✅ Lebih hemat setiap hari
✅ Tak perlu repot karena bisa belanja via WhatsApp

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)