Mengenal Avitaminosis: Saat Tubuh Kekurangan Vitamin Tertentu

Vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalani berbagai fungsinya. Jika tubuh kekurangan asupan salah satu dari jenis vitamin dan mineral ini, maka efeknya bisa mengganggu secara keseluruhan.

Avitaminosis adalah suatu kondisi yang terjadi saat asupan vitamin yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit dari yang dibutuhkan.

Dilansir Science Direct, vitamin tidak bisa disintesis dalam tubuh dan hanya didapat dari konsumsi makanan. Beberapa vitamin membentuk koenzim, sementara yang lainnya berfungsi sebagai hormon.

Tanda-tanda tubuh kekurangan vitamin

Untuk menghindari avitaminosis dan menjaga stabilitas fungsi organ, perhatikan tanda dan gejala dari kekurangan vitamin yang ditunjukkan oleh tubuh:

1. Kulit kepala mengelupas

Kemungkinan defisit: Asam lemak

Pernah kamu menggaruk-garuk kepala kemudian terdapat ada serpihan putih di kulit kepala? Tak selalu ketombe, bisa saja ini merupakan kulit kepala yang mengelupas menjadi serpihan kecil berwarna putih.

Kondisi ini bisa terjadi saat kamu tidak mendapatkan cukup asam lemak sehat dalam pola makan sehari-hari. Diketahui asam lemak esensial seperti omega-3 merupakan ‘pelumas’ alami bagi tubuh.

Tanpa mendapatkan cukup asam lemak, tubuh akan kekurangan pelumas alami tersebut dan jadi mudah kering. Salah satunya yang terdampak adalah kulit kepala.

2. Rambut tipis, rapuh dan mudah patah

Kemungkinan defisit: Vitamin B

Mencukupi kebutuhan vitamin B sangat penting untuk menjaga kondisi rambut tetap kuat dan sehat. Selain itu, kekurangan asam folat juga bisa menyebabkan rambut menjadi lebih tipis dan rapuh.

3. Kram betis

Kemungkinan defisit: Magnesium atau kalsium

Sebagai salah satu elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh, magnesium dan kalsium sama-sama berperan penting dalam proses kontraksi otot.

Kekurangan dari dua jenis mineral ini pun dapat membuat otot menjadi lebih mudah mengalami kram dan gangguan kesehatan. Salah satunya adalah pada bagian otot betis.

4. Sariawan dan luka di mulut

Kemungkinan defisit: Vitamin B12

Jika tubuh sedang kekurangan asupan vitamin B12, salah satu tanda yang mungkin muncul yakni luka mirip seperti sariawan di sekitar mulut.

5. Beruntusan di lengan

Kemungkinan defisit: Seng dan vitamin A

Beruntusan ini seringkali muncul berwarna kemerahan mirip seperti bentol-bentol kecil. Mungkin ini merupakan keratosis pilaris, beruntusan pada permukaan kulit sehingga menjadi kasar dan kemerahan.

Ada kemungkinan kondisi ini muncul karena tubuh sedang kekurangan asupan seng dan vitamin A. Keduanya dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit dan penyembuhan luka.

6. Sembelit

Kemungkinan defisit: Serat dan magnesium

Sembelit merupakan salah satu masalah pencernaan yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu penyebabnya adalah kekurangan serat dalam makanan. Selain serat, kekurangan magnesium juga bisa menjadi penyebab masalah ini.

7. Kelelahan dan mudah pusing

Kemungkinan defisit: Vitamin D

Merasa lelah sepanjang waktu, padahal sudah cukup tidur? Bisa jadi ini adalah kamu kekurangan vitamin D. Biasanya tubuh yang kekurangan asupan vitamin D rentan mudah lelah dan terasa seperti kekurangan energi.

Konsumsi suplemen vitamin jika perlu!

Selain dari asupan makanan sehari-hari, vitamin dan mineral juga bisa kamu dapatkan dari konsumsi suplemen. Sesuaikan pilihan dengan kebutuhan dan kondisi kesehatanmu. Jangan lupa baca aturan pakai di kemasan suplemen, ya!

Kamu bisa memenuhi kebutuhan suplemen vitamin harianmu di Apotek Pharmaplus! Berbagai jenis merek suplemen yang berkualitas tersedia di sini. Kami juga selalu berkomitmen untuk menjamin pelayanan terbaik untukmu.

Keunggulan belanja obat dan suplemen di Apotek Pharmaplus:

✅ Dijamin setiap obat 100% asli dan berkualitas
✅ Gratis konsultasi dengan Apoteker
✅ Pilihan obat terlengkap
✅ Lebih hemat setiap hari
✅ Tak perlu repot karena bisa belanja via WhatsApp

Belum sempat datang langsung ke apotek? Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)