Ibuprofen untuk Penghilang Nyeri: Dosis dan Efek Samping

Ada beberapa jenis obat penghilang nyeri yang dijual di pasaran, termasuk ibuprofen. Obat ini digunakan untuk meredakan demam dan mengurangi nyeri.

Memiliki nama generik ibuprofen, obat ini dijual dalam beberapa merek dagang. Di apotek, beberapa contoh merek obat ibuprofen termseuk seperti Proris, Ibufen, Iprox, Brufen dan Fenris.

Meski digunakan untuk meredakan nyeri, bukan berarti obat ini bisa diminum bebas, ya. Tetap ada aturan yang harus dipatuhi sebelum minum obat supaya manfaatnya bisa didapat tanpa risiko efek samping.

Berikut informasi lengkap tentang ibuprofen:

Apa itu ibuprofen?

Ibuprofen adalah obat generik yang digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dari berbagai kondisi. Termasuk seperti sakit kepala, sakit gigi, kram saat menstruasi, nyeri otot, dan radang sendi.

Ibuprofen juga digunakan untuk mengurangi demam dan meredakan sakit ringan karena pilek atau common cold.

Obat ini bekerja dengan menghalangi produksi zat alami tubuh yang bisa memicu peradangan. Efeknya membantu mengurangi rasa sakit dan demam.

Aturan minum dan dosis ibuprofen

Ibuprofen tersedia dalam beberapa sediaan, namun yang paling sering digunakan adalah dalam bentuk oral atau diminum. Secara umum, ibuprofen diminum setiap 4-6 jam sekali.

Hindari langsung berbaring setelah minum obat untuk membantu proses penyerapannya.

Untuk orang dewasa, dosis ibuprofen disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing. Selalu patuhi dosis yang diberikan dokter atau yang tertera dalam kemasan.

Sementara itu untuk anak-anak, dosis ibuprofen disesuaikan dengan berat badan dan usia.

Efek samping

Hampir setiap obat memiliki risiko efek samping, tak terkecuali ibuprofen. Tetapi efek samping ini biasanya terjadi pada seseorang yang memiliki reaksi alergi atau kondisi penyakit tertentu.

Reaksi alergi yang muncul awalnya bisa berupa gatal-gatal, sulit bernapas, serta bengkak pada wajah. Efek samping ibuprofen yang masih tergolong ringan di antaranya seperti sakit perut, mual, muntah, sakit kepala, diare, sembelit, pusing, atau menjadi mengantuk.

Apabila efek samping ringan terus memburuk atau terjadi efek samping berat, hentikan konsumsi obat dan segera cek ke dokter.

Cara penyimpanan

Sama seperti obat lain pada umumnya, ibuprofen sebaiknya disimpan dalam suhu ruangan. Hindari paparan sinar matahari secara langsung dan disimpan di tempat yang lembap karena bisa merusak kandungan di dalam obat.

Yang tak kalah penting, jangan lupa selalu perhatikan tanggal kedaluwarsa sebelum meminum obat!

Rekomendasi obat ibuprofen

Bingung memilih merek obat ibuprofen untuk digunakan di rumah? Kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan apoteker Apotek Pharmaplus secara gratis. Berikut beberapa rekomendasi untuk membantumu memilih yang tepat:

1. Iprox

Salah satu merek obat ibuprofen yang aman untuk anak-anak dan dewasa adalah Iprox. Obat ini bermanfaat untuk menurunkan demam, mengurangi nyeri, dan meredakan peradangan.

Setiap 5 ml obat mengandung 100 mg ibuprofen. Untuk dewasa dan anak-anak usia 12 tahun ke atas dapat mengonsumsinya 2 sendok takar atau 10 ml sebanyak 3 sampai 4 kali.

2. Proris

Proris mengandung ibuprofen 100 mg, yang bersifat analgesik, anti-inflamasi dan antipiretik. Obat ini dapat digunakan untuk nyeri ringan sampai sedang, termasuk sakit gigi, sakit kepala, dan membantu menurunkan demam pada anak.

3. Brufen

Brufen membantu mengurangi nyeri dan radang artritis (rheumatoid arthritis, radang sendi muda, osteoarthritis) dan gangguan non-sendi (otot rangka), nyeri ringan sampai parah termasuk sakit gigi atau nyeri pada ekstraksi gigi.

Obat ini bekerja dengan efek sebagai analgesik (pereda nyeri) dan antipiretik (menurunkan demam). Tersedia dalam sediaan suspensi sirup yang didistribusikan oleh Abbott.

Masih ragu belanja obat dan kebutuhan suplemen lainnya di Apotek Pharmaplus? Jangan khawatir, tim apoteker ramah dan profesional kami selalu berkomitmen untuk menjamin pelayanan terbaik untukmu.

Keunggulan belanja obat dan suplemen di Apotek Pharmaplus:

✅ Dijamin setiap obat 100% asli dan berkualitas
✅ Pilihan obat terlengkap
✅ Lebih hemat setiap hari
✅ Tak perlu repot karena bisa belanja via WhatsApp
✅ Gratis konsultasi dengan Apoteker

Belum sempat datang langsung ke apotek? Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)

📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)