7 Rekomendasi Suplemen Vitamin A untuk Kesehatan Mata

Vitamin A selama ini dikenal manfaatnya untuk menjaga kesehatan mata. Bahkan selain itu, studi juga mengungkapkan manfaat lain dari vitamin ini, lho.

Dalam laman resminya, para peneliti dari Purdue University melaporkan bahwa kekurangan vitamin A menyebabkan peningkatan risiko kerentanan terhadap penyakit di organ usus.

Dengan kata lain, vitamin A juga berperan penting dalam sistem imun dan membantu tubuh melawan infeksi.

Seperti dipublikasikan dalam jurnal Immunity, peneliti menemukan bahwa asam retinoat, metabolit yang berasal dari dicerna vitamin A, diperlukan oleh dua dari tiga jenis sel-sel kekebalan yang berada dalam usus untuk menemukan tempat yang tepat.

Jenis sel-sel kekebalan tersebut memiliki sifat responsif dan bekerja untuk menghilangkan infeksi.

Pilihan suplemen vitamin A di apotek

Selain dari sumber alami seperti wortel, ikan, udang, telur, dan susu, vitamin A juga bisa kamu dapatkan dari konsumsi suplemen. Berikut beberapa pilihannya:

1. Vitamin A IPI

Salah satu merek suplemen vitamin A yang bisa kamu dapatkan di apotek yakni Vitamin A IPI. Jika dikonsumsi sesuai aturan, suplemen ini dapat membantu mencegah dan mengatasi defisiensi vitamin A yang biasanya menimbulkan beberapa gejala seperti buta senja, hiperkeratosis, keratomalasia, dan metaplasia.

Dosis yang dianjurkan untuk konsumsi vitamin A IPI adalah cukup 1 kali sehari, baik untuk dewasa maupun anak-anak.

2. Biovision

Manfaat vitamin A yang paling umum diketahui yakni untuk menjaga kesehatan mata. Apabila kamu sedang mencari produk suplemen yang dapat memberi manfaat ini, Biovision bisa jadi salah satu pilihannya.

Biovision memiliki kandungan betakaroten (bentuk awal vitamin A), vitamin C, vitamin B2, dan ekstrak billberry. Kombinasi bahan-bahan ini membantu menjaga mata tetap sehat.

3. Optalvit Plus

Optalvit Plus merupakan produk suplemen vitamin A di apotek dalam bentuk beta karoten dan kandungan beberapa vitamin lainnya. Suplemen ini mengandung beta karoten, vitamin E, vitamin S, selenium, tembaga, dan seng, dengan manfaat utama untuk menjaga kesehatan mata.

4. Blackmores Bio Ace Excell

Vitamin A pada Blackmores Bio Ace Excell hadir dalam bentuk beta karoten yang berkhasiat untuk mencegah katarak dan degenerasi makula. Selain vitamin A, suplemen ini juga dilengkapi dengan vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, asam folat, dan mineral lainnya.

5. Eyevit

Eyevit adalah merek suplemen vitamin A, khususnya untuk menjaga kesehatan. Suplemen ini memiliki kandungan 1.600 IU retinol yang merupakan turunan dari vitamin A.

Terdapat juga beta karoten yang berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, serta ekstrak buah billberry, lutein, zeaxanthin, serta vitamin dan mineral lain.

Konsumsi suplemen ini dipercaya mampu meningkatkan kesehatan mata, mengatasi mata lelah, melindungi mata dari kerusakan radikal bebas dan menurunkan risiko munculnya penyakit mata.

6. Sidomuncul Bilberry Carrot

Sidomuncul Bilberry Carrot mengandung ekstrak buah billberry yang memiliki fungsi untuk memperkuat otot mata dan struktur dinding sel mata.

Ekstrak sel wortelnya juga berkhasiat untuk menyehatkan mata, terutama untuk mengurangi gejala rabun senja serta lemah penglihatan.

Kandungan vitamin B2 dan vitamin C juga bisa mengurangi terjadinya gangguan pada mata serta sanggup untuk menangkal radikal bebas pada mata.

7. Wellness Ocucare

Untuk kamu yang memiliki riwayat diabetes dan ada masalah pada penglihatan, produk suplemen Wellness Ocucare bisa menjadi salah satu pilihan. Produk ini mengandung ekstrak billbbery yang membantu dalam pencegahan terjadinya retinopati diabetik.

Retinopatik diabetik sendiri adalah sebuah kondisi gangguan penglihatan yang terjadi karena pembuluh darah kapiler pada retina rusak.

Jangan tunda untuk maksimalkan perawatan kesehatan mata, salah satunya dengan mengonsumsi suplemen vitamin A jika perlu. Kalau kamu masih bingung memilih produk yang tepat, tim apoteker kami selalu berkomitmen untuk menjamin pelayanan terbaik untukmu.

Keunggulan belanja obat dan suplemen di Apotek Pharmaplus:

✅ Dijamin setiap obat 100% asli dan berkualitas
✅ Pilihan obat terlengkap
✅ Lebih hemat setiap hari
✅ Tak perlu repot karena bisa belanja via WhatsApp
✅ Gratis konsultasi dengan Apoteker

Belum sempat datang langsung ke apotek? Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)

📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)