7 Rekomendasi Obat Kembung yang Aman dan Efektif

Perut kembung dan begah menjadi salah satu keluhan yang rentan dialami oleh orang dewasa. Terutama mereka yang sibuk dan memiliki pola makan kurang teratur. Kamu salah satunya?

Kondisi ini umumnya ditandai dengan rasa tidak nyaman, sering kentut, dan perut terasa penuh. Penyebabnya bisa karena pola makan maupun kondisi medis tertentu.

Penyebab perut kembung yang umum terjadi:

  • Gas dalam saluran pencernaan: Gas dalam saluran pencernaan terbentuk sebagai hasil dari proses pencernaan makanan.
  • Konsumsi makanan pedas dan berbumbu: Dapat merangsang produksi gas dalam saluran pencernaan.
  • Konsumsi minuman bersoda: Minuman bersoda mengandung karbondioksida yang dapat memicu perut kembung.
  • Serat yang tidak dicerna: Serat yang tidak dicerna meliputi serat dalam gandum utuh, kacang-kacangan, dan buah-buahan tertentu.
  • Sensitivitas makanan: Beberapa orang mungkin mengalami perut kembung jika mengonsumsi makanan tertentu, seperti susu, telur, atau gluten.

Rekomendasi obat kembung yang efektif

Gaya hidup sehat menjadi salah satu cara alami untuk mengatasi perut kembung. Misalnya, ubah kembali pola makan, olahraga ringan secara teratur, serta konsumsi probiotik.

Selain itu, jika perlu kamu bisa mengonsumsi obat kembung untuk membantu meredakan keluhan. Terutama jika rasa begah sudah sampai mengganggu aktivitas harianmu. Berikut pilihannya:

1. Promag Tablet

Promag merupakan obat kembung untuk mengurangi gejala maag seperti kembung, mual, dan bersendawa. Obat ini mengandung antasida magnesium (Mg(OH)) dan hydrotalcite untuk menetralkan asam lambung dan mengurangi gas yang berlebihan di saluran pencernaan.

2. Polysilane Sirup

Polysilane Sirup adalah obat kembung yang mengandung bahan aktif seperti dimetilpolisiloksan, aluminium hidroksida, dan magnesium hidroksida.

Kombinasi bahan aktif ini bekerja dengan cara menetralkan asam lambung dan menonaktifkan enzim pepsin. Enzim ini merupakan enzim pencernaan yang diproduksi di dalam lambung.

3. Mylanta Sirup

Obat kembung sediaan cair berikutnya yang bisa kamu pilih yakni Mylanta Sirup. Obat ini mengandung aluminium hidroksida kering, magnesium hidroksida, dan simetikon dalam bentuk sirup.

Selain menghilangkan gas penyebab kembung, obat ini juga dapat mengatasi nyeri ulu hati akibat iritasi asam lambung.

4. Promag Gazero

Selain Promag Tablet, obat kembung Promag Gazero juga bisa menjadi pilihanmu. Obat ini merupakan sirup herbal yang mengandung jahe merah, adas, kunyit, akar manis, peppermint, nanas, madu, dan royal jelly.

5. New Enzyplex Tablet

Enzyplex merupakan obat yang digunakan untuk membantu melancarkan proses metabolisme dan pencernaan di dalam tubuh dengan mencukupi kebutuhan enzim agar tetap optimal.

Obat ini memiliki bahan aktif yang mendukung yaitu amilase, lipase, protease, desoxycholic acid, dimetilpolisiloksan, serta vitamin dan mineral.

Manfaat dari konsumsi New Enzyplex Tablet yakni membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti rasa sebah, kembung, dan rasa penuh pada lambung.

6. Antangin JRG

Antangin JRG merupakan obat herbal yang mengandung ekstrak bahan-bahan alami. Dapat diminum langsung dari sachetnya atau dicampur dengan minuman hangat seperti teh atau air putih hangat.

Dengan kandungan zingiberis rhizoma, royal jelly, panax ginseng extract, blumeae folia, menthae folia, dan madu, Antangin JRG bermanfaat untuk mengobati masuk angin, seperti rasa meriang, rasa mual, perut kembung, keluar keringat dingin, dan kelelahan.

7. Tolak Angin

Rekomendasi obat kembung berikutnya yakni Tolak Angin Cair Plus Madu. Obat herbal terstandar ini bermanfaat untuk mengatasi masuk angin dengan gejala seperti mual, kembung, pusing, badan meriang dan terasa lemas.

Bahan alami yang dimilikinya yakni foeniculi fructus, minyak atsiri, jahe, dan daun cengkeh. Ada juga kandungan ekstrak daun mint dan madu untuk memberikan rasa manis alami.

Belanja obat terjamin asli di Apotek Pharmaplus!

Saat ini belanja obat dan alat kesehatan lainnya jadi makin praktis dan mudah di Apotek Pharmaplus. Dijamin setiap obat 100% asli dan berkualitas dan pilihannya pun lengkap.

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut ini agar belanja obat makin mudah dan praktis:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)

Keyword pencarian:
obat, kembung, obat kembung, gangguan pencernaan, mual, muntah, obat mual, apoteker, aturan pakai obat