Konsumsi Obat Setelah Minum Kopi, Apa Dampaknya?

Tak hanya dengan air putih, sering kali orang memilih untuk mengonsumsi obat menggunakan beberapa jenis minuman termasuk kopi. Adakah dampak yang ditimbulkan akibat konsumsi obat setelah minum kopi?

Perlu diketahui bahwa dalam dunia medis dan obat-obatan, ada istilah yang disebut sebagai ‘interaksi obat’. Ini merupakan kondisi terjadinya efek obat akibat hadirnya asupan lain, seperti makanan, minuman, bahkan bahan herbal.

Maka dari itu, saat hendak minum obat maka sebaiknya tidak dulu mengonsumsi beberapa jenis makanan atau minuman tertentu. Sebab ini dapat memengaruhi efektivitas obat.

Bolehkah konsumsi obat setelah minum kopi?

Kopi merupakan salah satu asupan yang mengandung kafein, yakni sebuah stimulan untuk merangsang jantung dan otak agar bekerja lebih cepat dari biasanya.

Penelitian dalam jurnal Critical Review in Food Science and Nutrition menyatakan bahwa mengonsumsi kopi setelah minum obat dapat membatasi efektivitas serta memengaruhi kinerja obat.

Selain itu, langsung mengonsumsi obat setelah minum kopi juga bisa membuat jantung berdetak cepat. Pada kasus yang parah, konsumsi obat setelah minum kopi juga bisa memicu terjadinya keracunan kafein akibat adanya interaksi antara obat dan kafein.

Dianjurkan untuk hanya meminum obat dengan menggunakan air putih. Bukan dengan kopi, teh, jus, atau bahkan susu. Dengan begitu, proses penyerapan obat dalam tubuh berpotensi menjadi lebih optimal.

Berapa lama jeda waktu antara minum obat dan kopi?

Jika kamu baru saja minum kopi, maka sebaiknya berikan jeda waktu antara 3-4 jam sebelum minum obat. Kamu juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter atau apoteker terkait waktu yang aman untuk minum kopi sebelum atau setelah minum obat.

Hal lain yang tak boleh abai diperhatikan saat hendak minum obat yakni aturan dan dosis yang tertera pada label kemasan. Pastikan untuk selalu mematuhi dosis dan waktu konsumsi obat.

Baca informasi yang terdapat di label kemasan obat untuk memastikan tanggal kedaluwarsa, efek samping, interaksi, peringatan, dan hal lain yang perlu diwaspadai dari penggunaan obat.

Beli obat sambil konsultasi hanya di Apotek Pharmaplus!

Jangan ragu berkonsultasi dengan apoteker kami tentang penggunaan obat yang tepat agar sesuai kebutuhanmu.

Keunggulan lainnya belanja obat dan suplemen di Apotek Pharmaplus:

✅ Dijamin setiap obat 100% asli dan berkualitas
✅ Pilihan obat terlengkap
✅ Lebih hemat setiap hari

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut ini agar belanja obat makin mudah dan praktis:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)

Keyword pencarian:
minum obat dengan kopi, obat, suplemen, apoteker, aturan pakai obat