Efek Samping Muncul, Haruskah Konsumsi Obat Rutin Dihentikan?

Ketika kamu diberikan resep obat yang perlu dikonsumsi secara rutin dan kemudian muncul efek samping, maka sebaiknya apa yang perlu dilakukan? Apakah langsung berhenti konsumsi obat tersebut?

Perlu diketahui bahwa sebenarnya setiap obat memiliki efek samping berbeda-beda pada setiap orang. Efek samping juga bisa muncul saat memulai pengobatan baru, mengurangi atau menambah dosis obat, atau ketika berhenti menggunakannya.

Keluhan yang muncul misalnya seperti mual, muntah, pusing, sakit kepala, atau gatal-gatal pada kulit.

Apakah setiap obat pasti ada efek samping?

Pada dasarnya, efek samping suatu obat bergantung dengan usia, berat badan, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan seseorang secara menyeluruh. Selain itu, tingkat keparahan penyakit juga dapat meningkatkan peluang efek samping itu muncul.

Sebab semakin parah masalah kesehatan yang dialami, maka semakin banyak dan beragam pula jenis obat yang dikonsumsi. Inilah yang kemudian membuat efek samping obat lebih rentan muncul.

Haruskah langsung stop minum obat saat efek samping muncul?

Sebenarnya tidak selalu kamu harus langsung mendadak berhenti minum obat saat keluhan efek samping muncul. Keputusan ini sebaiknya dilakukan oleh dokter, dengan mempertimbangkan hal-hal berikut:

Jenis efek samping yang muncul

Efek samping obat dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu efek samping ringan dan efek samping serius. Efek samping ringan biasanya tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu.

Di sisi lain, efek samping serius dapat membahayakan kesehatan dan bahkan mengancam jiwa.

Keparahan efek samping

Efek samping ringan, seperti mual, muntah, atau diare, biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika efek samping yang muncul cukup serius, seperti reaksi alergi, gangguan fungsi hati atau ginjal, atau perubahan mood, maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Pentingnya obat untuk mengobati penyakit

Jika obat tersebut sangat penting untuk mengobati penyakit yang kamu alami, maka sebaiknya jangan langsung berhenti minum obat tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Berhenti minum obat secara tiba-tiba tanpa persetujuan dokter berisiko dapat memperburuk kondisi penyakit.

Patuhi anjuran minum obat demi kesehatanmu!

Apabila kamu mengalami efek samping obat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau apoteker. Tenaga kesehatan profesional dapat membantu kamu menentukan apakah efek samping yang dialami serius atau tidak, dan apakah perlu untuk menghentikan obat.

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut ini agar belanja obat makin mudah dan praktis:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)

Keyword pencarian:
dosis obat, aturan minum obat, apoteker, efek samping obat