Rekomendasi 5 Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Saat anak sedang ogah makan alias nafsu makannya turun, tak sedikit orang tua khawatir tentang apakah buah hatinya sudah mendapatkan cukup nutrisi. Jika kondisinya demikian, pemberian vitamin penambah nafsu makan mungkin diperlukan.

Dikutip dari Raising Children, biasanya anak usia balita hanya makan dalam jumlah yang sangat sedikit. Mereka juga lebih pemilih tentang menu makanan yang disukai dan sering menolak untuk makan di waktu tertentu.

Penurunan nafsu makan pada anak bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya anak masih tertarik dengan dunia di sekitarnya, sehingga rentang perhatian terhadap makanan pun berkurang.

Suplemen vitamin penambah nafsu makan anak

Konsumsi suplemen vitamin bisa menjadi salah satu cara untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak. Kendati demikian, ingatlah bahwa cara kerja suplemen penambah nafsu makan anak ini tidak instan.

Supaya lebih aman dan sesuai kebutuhan, orang tua bisa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Pastikan juga untuk membaca terlebih dahulu aturan pakai dan dosis di kemasan produk.

Berikut 5 rekomendasi merek suplemen vitamin penambah nafsu makan anak di apotek:

1. Scotts Emulsion Vita Orange

Scotts Emulsion Vita Orange mengandung minyak ikan cod, asam lemak omega 3 (DHA dan EPA), vitamin A, dan vitamin D. Suplemen ini memiliki varian rasa jeruk yang disukai anak-anak. Bentuk sediaannya juga cair (emulsi) agar lebih mudah diserap tubuh.

Selain menambah nafsu makan, suplemen ini juga memelihara kesehatan tubuh anak mengoptimalkan pertumbuhan tulang yang kuat.

Dosis penggunaan
Anak-anak 1-6 tahun: 1 sendok makan penuh (15 ml) 1 kali sehari; anak-anak 7-12 tahun: 1 sendok makan penuh (15 ml) 2 kali sehari; anak di atas 12 tahun: 1 sendok makan penuh (15 ml) 3 kali sehari.

2. Curcuma Plus

Kandungan cod liver oil dan ekstrak curcuma dalam Curcuma Plus dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan nafsu makan.

Selain itu, suplemen ini juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin B5, vitamin D, dan kalsium.

Dosis penggunaan
Anak 6-12 tahun: 2 kali sehari 1 sendok makan; anak usia 1-6 tahun: 1 kali sehari 1 sendok makan; anak usia 6 bulan-1 tahun: 1 kali sehari 1/2 sendok makan.

3. Imunos Sirup

Suplemen vitamin sediaan sirup ini mengandung echinacea, zinc picolinate, selenium, dan asam askorbat. Selain untuk menambah nafsu makan, suplemen ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Dosis penggunaan
Anak usia 2 tahun: 1 kali satu sendok teh per hari; anak usia di bawah 2 tahun: 1 kali 1/2 sendok teh per hari atau sesuai petunjuk dokter.

4. Vidoran Plus

Vidoran Plus mengandung ekstrak curcuma, nicotinamide, dexpanthenol, lysine HCl, dan vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan D.

Selain memenuhi kebutuhan harian vitamin anak, suplemen ini juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makannya.

Dosis penggunaan
Anak usia 2-12 tahun adalah 1 kali sehari, 1 sendok takar (5 ml) sesudah makan.

5. Blackmores Koalakids Fruity Fishies

Vitamin anak Blackmores Koalakids Fruity Fishies mengandung sumber omega 3 yang baik untuk perkembangan otak anak. Selain untuk kesehatan otak, omega 3 juga diyakini bisa meningkatkan nafsu makan anak.

Dosis penggunaan
Anak usia 2 tahun: 1 kapsul lunak setiap hari setelah makan atau sesuai petunjuk dokter (gunting dan keluarkan isi kapsul, dapat dicampur dalam susu,jus atau sereal).

Anak usia 3-12 tahun: 1 kapsul lunak setiap hari setelah makan atau sesuai petunjuk dokter. Dapat dikunyah sampai isi kapsul keluar, kemudian ditelan.

Mau belanja suplemen untuk Si Kecil? Di Apotek Pharmaplus saja!

Apotek Pharmaplus selalu memberikan pelayanan kefarmasian terbaik dengan harga terjangkau yang dapat selalu diandalkan. Didukung oleh stok obat yang lengkap dan apoteker terbaik yang siap memberikan solusi yang dapat dipercaya untuk keluarga anda.

Keunggulan lainnya belanja obat dan suplemen di Apotek Pharmaplus:

✅ Dijamin setiap obat 100% asli dan berkualitas
✅ Pilihan obat terlengkap
✅ Lebih hemat setiap hari
✅ Konsultasi gratis dengan apoteker terpercaya

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut ini agar belanja obat makin mudah dan praktis:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)

Keyword pencarian:
vitamin anak, suplemen anak, apoteker, aturan pakai obat, nafsu makan anak