Cara Memilih Obat Flu dan Batuk untuk Anak yang Aman

Flu dan batuk menjadi salah satu penyakit yang paling rentan dialami oleh anak-anak. Jika sudah begitu, orang tua perlu memilih obat flu dan batuk yang berkualitas dan tentunya efektif.

Selain itu, jangan lupa tetap terapkan pola hidup sehat di rumah. Pastikan anak tidur cukup, makan makanan bergizi, dan minum air putih.

Jika perlu, gunakan masker untuk mencegah penularan ke orang lain di dalam rumah maupun saat beraktivitas di luar.

Tentang flu dan batuk pada anak-anak

Flu dan batuk disebabkan oleh infeksi virus dan bisa terjadi sebanyak lebih dari 6 kali dalam setahun. Bahkan bisa jadi lebih banyak apabila kondisi imun seseorang sedang turun atau perubahan cuaca yang tak terprediksi.

Gejala flu dan batuk biasanya akan muncul sekitar dua hari setelah anak terinfeksi. Beberapa gejala yang muncul, seperti demam, batuk kering, hidung tersumbat, dan anak terlihat lesu.

Untuk membantu mempercepat proses pemulihan, perawatan bisa ditambahkan dengan memberikan obat flu dan batuk untuk anak. Tapi orang tua perlu berhati-hati dalam memilih obat, perhatikan dosis dan aturan pakai yang tertera di kemasan.

Cara memilih obat flu dan batuk untuk anak

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua dalam memilih obat flu dan batuk untuk anak:

1. Pastikan jenis obat sesuai dengan gejala

Untuk anak berusia kurang dari 6 tahun, dianjurkan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Apalagi jika anak memiliki masalah kesehatan tertentu atau riwayat alergi.

Perhatikan juga jenis obat, harus sesuai dengan gejala anak. Sebagai contoh, bila anak batuk dan flu karena infeksi virus, tidak perlu antibiotik. Obat yang mungkin lebih tepat untuk menangani kondisi batuk berdahak dan flu adalah obat yang mengandung dekongestan, paracetamol, antihistamin, dan ekspektoran.

2. Berikan dosis obat sesuai dengan usia anak

Selalu baca instruksi penggunaan obat sebelum memberikannya kepada anak. Dalam kemasan, biasanya akan tercantum tentang dosis, indikasi, kontra indikasi, serta cara pemberian obatnya (misalnya apakah sesudah atau sebelum makan).

Jika di dalam kemasan obat terdapat sendok plastik bawaan untuk mengukur dosis, gunakan agar pengukurannya tepat.

3. Pilih obat flu dan batuk yang berkualitas

Jangan lupa pastikan untuk memilih obat flu dan batuk untuk anak dengan proses pembuatan yang aman, bersih, dan higienis. Perhatikan merek dan kualitas produsen obat. Obat yang diproduksi secara tidak higienis rentan menimbulkan masalah kesehatan lain.

Masih bingung pilih obat untuk Si Kecil? Konsultasi dengan apoteker, yuk!

Apotek Pharmaplus selalu memberikan pelayanan kefarmasian terbaik dengan harga terjangkau yang dapat selalu diandalkan. Didukung oleh stok obat yang lengkap dan apoteker terbaik yang siap memberikan solusi yang dapat dipercaya untuk keluarga anda.

Keunggulan lainnya belanja obat dan suplemen di Apotek Pharmaplus:

✅ Dijamin setiap obat 100% asli dan berkualitas
✅ Pilihan obat terlengkap
✅ Lebih hemat setiap hari
✅ Konsultasi gratis dengan apoteker terpercaya

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut ini agar belanja obat makin mudah dan praktis:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)

Keyword pencarian:
obat flu anak, obat batuk anak, memilih obat anak, vitamin anak, suplemen anak, apoteker, aturan pakai obat