Bolehkah Minum Obat dengan Air Dingin?

Tata cara minum obat sebaiknya selalu dipatuhi agar efektivitasnya tetap terjaga untuk mengatasi gejala. Salah satu yang kerap dipertanyakan yakni apakah boleh minum obat dengan air dingin?

Sudah lama diketahui bahwa minum obat yang terbaik memang menggunakan air putih, bukan minuman lain seperti kopi, susu, atau teh. Tetapi temperatur air putih yang dikonsumsi pun penting diperhatikan.

Jika membahas mengenai temperatur air putih yang baik saat minum obat, perlu diingat bahwa obat diserap saat melalui selaput di lambung dan usus. Agar proses penyerapan terjadi secara optimal, kondisi organ dalam harus berada dalam situasi yang baik, termasuk suhu atau temperatur.

Dampak minum obat dengan air dingin

Saat kamu minum obat dengan air dingin, suhu dalam perut akan jadi turun karena terpapar suhu dingin dari air. Ini dapat menghambat proses pelarutan obat sehingga menyebabkan penyerapan obat tidak optimal.

Selain itu, tubuh otomatis akan cenderung berfokus pada menstabilkan suhu yang menurun akibat air dingin dibandingkan berkonsentrasi pada proses penyerapan kandungan obat yang dikonsumsi.

Seperti diketahui, sebuah zat akan lebih mudah larut dalam paparan suhu yang lebih hangat. Oleh karena itu, obat akan lebih mudah larut dan diserap tubuh ketika diminum dengan air hangat atau setidaknya air dengan temperatur normal.

Tapi tetap perlu diingat bahwa sebaiknya gunakan air hangat dan bukan air panas. Karena jika terlalu panas, dikhawatirkan justru nanti dapat merusak kandungan pada obat yang dikonsumsi.

Yuk, mulai kurangi kebiasaan minum air dingin!

Baik saat minum obat atau pun tidak, konsumsi air dingin berlebihan sebenarnya kurang dianjurkan. Sebuah penelitian menemukan bahwa minum air dingin membuat lendir hidung lebih kental sehingga sulit untuk melewati saluran pernapasan.

Sebagai perbandingan, para peneliti membuktikan bahwa sup hangat dan air panas dapat membantu seseorang lebih mudah bernapas.

Jadi jika kamu sedang terkena pilek atau flu, minum air dingin berlebihan justru dapat menyebabkan hidung tersumbat lebih parah. Sebaliknya, minum air hangat dapat membuatmu merasa lebih nyaman.

Apa lagi hal yang perlu diperhatikan saat minum obat?

Selain menghindari minum obat dengan air dingin, sebelum minum obat untuk mengatasi penyakit atau dalam kondisi apapun, selalu perhatikan hal berikut:

Selalu baca aturan pakai yang tercantum di kemasan obat, termasuk dosis dan waktu konsumsi obat. Perhatikan juga kemungkinan efek samping, peringatan, dan pencegahan. Segera hubungi dokter jika mengalami efek samping yang tidak biasa.

Terus jalani pengobatan sebelum mendapat izin untuk berhenti dari dokter. Berhenti minum obat sebelum waktunya dapat menyebabkan penyakit datang kembali dan lebih sulit disembuhkan atau menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan (misalnya pada obat antibiotik).

Meski menyegarkan, air dingin tidak dapat diminum dalam segala situasi dan kondisi, terlebih saat minum obat. Hal ini dikhawatirkan dapat mengganggu penyerapan obat untuk mengatasi kondisi kesehatan yang sedang dialami.

Minum obat sebaiknya hanya gunakan air dengan temperatur normal atau hangat.

Konsultasikan tata cara minum obat dengan apoteker kami!

Tim apoteker Apotek Pharmaplus dapat membantu jika kamu masih ada yang ingin ditanyakan kembali tentang tata cara dan aturan minum obat yang tepat.

Keunggulan lainnya belanja obat dan suplemen di Apotek Pharmaplus:

✅ Dijamin setiap obat 100% asli dan berkualitas
✅ Pilihan obat terlengkap
✅ Lebih hemat setiap hari
✅ Konsultasi gratis dengan apoteker terpercaya

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut ini agar belanja obat makin mudah dan praktis:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)

Keyword pencarian:
minum obat, air dingin, aturan minum obat, vitamin anak, suplemen anak, apoteker