Apa itu Obat Herbal, Golongan, dan Kegunaannya

Di antara berbagai jenis obat yang tersedia di pasaran, salah satunya yang banyak dipilih yakni obat herbal. Obat herbal adalah salah satu bagian dari pengobatan tradisional yang dipercaya secara turun-temurun dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Sesuai namanya, obat herbal atau tradisional ini terbuat dari bahan-bahan alami yang memiliki khasiat tersendiri untuk kesehatan tubuh.

Apa itu obat herbal?

Obat herbal adalah obat tradisional yang dibuat dari ekstrak bahan-bahan alami seperti tumbuhan, bagian tubuh hewan, bahan mineral, atau sediaan sarian (galenik).

Menurut laman World Health Organization (WHO), obat tradisional terbentuk melalui keterampilan, pengetahuan, serta praktik yang berdasarkan teori, keyakinan, dan pengalaman dari budaya yang berbeda-beda.

Ada yang memanfaatkan obat tradisional ini untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Ada pula yang menggunakannya untuk mengobati penyakit atau kondisi medis tertentu.

Golongan obat herbal

Sebagian obat-obatan herbal telah diuji secara klinis dan sudah memiliki bukti khasiat. Kendati demikian, sebagian lainnya mungkin belum melalui pengujian klinis, sehingga terkadang belum bisa dipastikan keamanan dan kegunaannya.

Dari segi keamanan, mutu, serta keterbuktian dan standardisasi khasiat, obat-obatan herbal dapat dibedakan menjadi 3 golongan, yaitu:

1. Jamu

Jamu adalah minuman herbal khas Indonesia yang dapat berupa ramuan bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik) atau campuran dari bahan tersebut yang telah digunakan untuk pengobatan secara turun temurun.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jamu juga tidak diwajibkan untuk dilakukan standardisasi, namun tetap harus memenuhi syarat-syarat mutu yang ditetapkan pada Farmakope atau Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Obat herbal ini ditandai dengan simbol lingkaran putih dengan garis tepi hijau dan terdapat gambar pohon berwarna hijau pada bagian dalamnya.

Beberapa contoh merek jamu di Indonesia misalnya seperti Tolak Angin, Antangin, Kuku Bima, dll.

2. Obat Herbal Terstandar

Obat herbal terstandar (OHT) adalah golongan obat tradisional yang khasiat dan keamanannya sudah dibuktikan melalui pengujian praklinik, yaitu uji khasiat dan toksisitas.

Pada kemasan produk obat herbal terstandar, terdapat logo lingkaran kuning dengan garis tepi berwarna hijau yang terdapat tiga bintang hijau pada bagian dalamnya.

3. Fitofarmaka

Fitofarmaka merupakan golongan obat tradisional yang khasiat dan keamanannya sudah dibuktikan secara ilmiah melalui uji praklinik dan uji klinik pada manusia.

Adapun simbol untuk obat fitofarmaka adalah logo lingkaran kuning dengan garis tepi hijau dan gambar kristal berwarna hijau pada bagian tengahnya.

Manfaat obat herbal

Seperti disebutkan di atas, sebenarnya manfaat yang paling banyak diharapkan dari konsumsi obat herbal adalah menjaga kesehatan serta mengoptimalkan proses pemulihan beberapa kondisi medis.

Sebagai contoh, bahan tradisional seperti pasak bumi, ashwagandha, dan ginseng dianggap mampu meningkatkan kadar testosteron, energi, dan ketahanan terhadap beban aktivitas fisik.

Ingatlah untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu sebelum membeli obat-obatan, termasuk obat herbal. Ini penting supaya obat yang kamu konsumsi benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan.

Tips mengonsumsi obat herbal yang aman

Selama mengonsumsi obat herbal, pastikan untuk membaca terlebih dahulu aturan pakai yang tertera pada kemasan obat. Penting pula untuk memperhatikan logo yang tertera dan pastikan obat herbal tersebut telah terdaftar secara resmi di BPOM.

Jika muncul efek samping atau gejala alergi setelah mengonsumsi obat tradisional, segera hentikan konsumsi dan konsultasi ke dokter.

Kesimpulannya, obat herbal adalah salah satu jenis obat yang bisa digunakan untuk membantu mengoptimalkan proses pemulihan masalah kesehatan tertentu.

Meski terbuat dari bahan-bahan alami, bukan berarti akan selalu aman dan baik untuk kesehatan. Kamu tetap perlu memastikan kandungan produk dan berkonsultasi dengan dokter agar terhindar dari risiko efek samping akibat sembarangan konsumsi obat herbal.

Apotek Pharmaplus juga menyediakan berbagai obat dan suplemen yang lengkap, asli, dan resmi terdaftar di BPOM. Konsultasikan dengan apoteker terbaik kami untuk kebutuhan layanan obat dan suplemenmu.

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut ini agar belanja obat makin mudah dan praktis:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)

Keyword pencarian:
obat, suplemen, obat herbal, obat tradisional, jamu, apoteker, aturan pakai obat, efek samping obat