Pentingnya Vitamin D untuk Tubuh, Bisa Cegah Penyakit?

Ada banyak vitamin yang diperlukan oleh tubuh agar tetap sehat, salah satunya vitamin D. Disebut-sebut konsumsi cukup asupan vitamin D setiap hari bisa membantu mencegah penyakit. Benarkah demikian?

Dikutip dari laman Kemenkes RI, vitamin D (kolekalsiferol) sudah dikenal sebelumnya sebagai suplementasi pada berbagai sediaan farmasi atau yang biasa disebut multivitamin.

Vitamin D bekerja menyerupai steroid yaitu sebagai steroid hormonal dalam memengaruhi sistem imun melalui berbagai mekanisme, karena reseptornya yang terdapat pada berbagai sel imun.

Dengan demikian, hal ini dapat membantu mengurangi inflamasi berlebih serta meningkatkan sistem imun non-inflamasi yang dapat melawan bakteri maupun virus.

Manfaat vitamin D bagi kesehatan

Vitamin D memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, tubuh berpotensi lebih mampu melawan infeksi dan penyakit.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit, seperti:

Infeksi pernapasan

Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan kadar vitamin D rendah lebih berisiko terkena infeksi pernapasan, seperti pilek dan flu.

Penyakit autoimun

Vitamin D membantu mengatur sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin D dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit autoimun, seperti rheumatoid arthritis dan multiple sclerosis.

Beberapa jenis kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin D dapat membantu menurunkan risiko kanker tertentu, seperti kanker kolorektal dan kanker payudara.

Penyakit jantung

Vitamin D membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Kekurangan vitamin D dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Diabetes

Vitamin D membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Kekurangan vitamin D dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2.

Kendati demikian, penting untuk dipahami bahwa vitamin D tidak boleh lantas dikonsumsi secara berlebihan. Mengonsumsi vitamin D dalam jumlah besar tidak selalu menjamin kamu pasti akan terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

Dari mana saja sumber vitamin D?

Untuk bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin D, kamu bisa mendapatkannya dari beberapa sumber berikut:

Paparan sinar matahari

Sinar matahari adalah salah satu sumber vitamin D alami terbaik. Secara rutin, sediakan waktu untuk berjemur di bawah sinar matahari selama 10-15 menit setiap hari.

Makanan sehari-hari

Beberapa makanan diketahui kaya akan kandungan vitamin D termasuk dari ikan berlemak, telur, jamur, dan susu.

Suplemen

Jika kamu merasa tidak mendapatkan cukup vitamin D dari makanan dan sinar matahari, kamu dapat memenuhi kebutuhannya dari suplemen. Supaya lebih aman dan sesuai dengan kebutuhan, konsultasi dengan dokter atau apoteker terlebih dahulu.

Penuhi kebutuhan suplemen harianmu di Apotek Pharmaplus!

Apotek Pharmaplus menyediakan berbagai produk obat herbal, yang pastinya lengkap, asli, dan resmi terdaftar di BPOM. Konsultasikan dengan apoteker terbaik kami untuk kebutuhan layanan obat dan suplemenmu.

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut ini agar belanja obat makin mudah dan praktis:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)

Keyword pencarian:
obat, vitamin D, vitamin, apoteker, aturan pakai obat, suplemen