Apa Sih Perbedaan Obat Paten dan Obat Generik?

Secara umum dari segi merek, ada dua jenis obat yang dijual di pasaran: obat paten dan obat generik. Apa sebenarnya perbedaan antara obat paten dan obat generik?

Biasanya, orang mungkin akan lebih memilih obat paten karena dianggap lebih ampuh dan obat generik efektivitasnya lebih rendah untuk mengobati penyakit.

Pemikiran tersebut sering kali muncul karena obat generik dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari obat paten.

Perbedaan obat paten dan obat generik

Selama ini, obat generik kerap dianggap kurang ampuh karena harganya lebih murah. Padahal cara kerja obat, fungsi, aturan pakai dan efektivitas keduanya sama.

Supaya tak lagi keliru, berikut merupakan perbedaan obat paten dan generik yang perlu kamu ketahui:

1. Zat aktif

Obat paten mengandung zat aktif yang baru ditemukan dan dilindungi hak paten. Perusahaan penemu memiliki hak eksklusif untuk memproduksi dan memasarkan obat tersebut selama periode tertentu.

Sementara itu, meski mengandung zat aktif yang sama dengan obat paten, namun obat generik tidak memiliki hak paten.

Hal ini pun memungkinkan perusahaan lain untuk memproduksi dan memasarkan obat generik setelah masa paten obat paten habis.

2. Harga

Obat paten biasanya lebih mahal karena besarnya biaya penelitian, pengembangan, dan pemasaran. Lain halnya dengan obat generik yang secara umum lebih murah karena tidak perlu melakukan penelitian dan pengembangan ulang, serta tidak memiliki biaya pemasaran yang tinggi.

3. Nama merek

Obat paten memiliki nama merek yang unik dan dilindungi hak cipta. Sementara obat generik tidak memiliki nama merek yang unik, hanya menggunakan nama zat aktifnya.

4. Kualitas dan keamanan

Obat paten harus melalui proses uji klinis yang ketat untuk memastikan kualitas dan keamanannya. Untuk obat generik, produk harus memenuhi standar kualitas yang sama dengan obat paten sebelum dipasarkan.

5. Akses

Obat paten biasanya kurang mudah diakses karena harganya yang mahal. Nah, kalau obat generik lebih mudah diakses karena harganya yang lebih murah.

Apakah obat paten lebih ampuh dari obat generik?

Jawaban singkatnya, tidak. Seperti disebutkan di atas, baik obat generik mau pun obat paten memiliki cara kerja, fungsi, keampuhan, dan bahkan interaksi obat yang sama.

Meski begitu, jangan pernah sekali pun mengganti konsumsi obat paten menjadi obat generik tanpa sepengetahuan dokter. Begitu juga sebaliknya.

Apotek Pharmaplus menyediakan berbagai produk obat herbal, yang pastinya lengkap, asli, dan resmi terdaftar di BPOM. Konsultasikan dengan apoteker terbaik kami untuk kebutuhan layanan obat dan suplemenmu.

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut ini agar belanja obat makin mudah dan praktis:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)

Keyword pencarian:
obat, obat generik, obat paten, apoteker, aturan pakai obat, suplemen