Waktu Ideal Minum Suplemen, Sebelum atau Sesudah Makan?

Bagi yang membutuhkan, konsumsi suplemen memang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Tapi perlu diketahui bahwa agar manfaatnya maksimal, waktu minum suplemen yang tepat juga perlu diterapkan.

Konsumsi suplemen vitamin sebaiknya dilakukan di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Di waktu ini diharapkan penyerapan vitamin akan lebih optimal metabolismenya.

Baiknya suplemen diminum sebelum atau sesudah makan?

Secara umum, suplemen vitamin sebaiknya dikonsumsi setelah makan. Vitamin C dan D jika diminum dengan menggunakan susu yang kaya kalsium juga dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

Interaksi vitamin dan makanan yang dikonsumsi juga berpotensi meningkatkan metabolisme penyerapan makanan yang dikonsumsi.

Yang tak kalah penting, hindari konsumsi suplemen vitamin dengan minuman berkafein. Kafein dapat menghambat penyerapan vitamin D. Selain itu jika diminum bersamaan dengan vitamin yang mengandung zat besi, 80 persen kandungannya juga lebih sulit terserap oleh tubuh.

Amankah konsumsi suplemen sebelum tidur?

Tak sedikit orang yang memilih untuk mengonsumsi suplemen vitamin sebelum tidur. Padahal hal ini tidak dianjurkan.

Saat dikonsumsi sebelum tidur, efektivitas suplemen vitamin yang dikonsumsi rentan tidak maksimal karena sebelum tidur tubuh tidak melakukan aktivitas apa pun.

Dikhawatirkan yang terjadi justru penumpukan yang tidak membantu proses penyerapan vitamin.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli suplemen

Saat kamu memutuskan hendak membeli dan mengonsumsi suplemen vitamin, baik atas anjuran dokter atau inisiatif sendiri, berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan:

  • Baca label pada kemasan dengan teliti
  • Perhatikan dan patuhi dosis penggunaan
  • Cek manfaat, efek samping, dan tanggal kedaluwarsa
  • Pastikan produk sudah terdaftar di dalam data Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk menjamin mutu dan kualitasnya
  • Pastikan kemasan utuh dan tidak rusak

Kalau masih bingung terkait aturan konsumsi dan tips memilih suplemen, kamu dapat berkonsultasi dengan apoteker Apotek Pharmaplus terlebih dahulu.

Apotek Pharmaplus menyediakan berbagai produk obat herbal, yang pastinya lengkap, asli, dan resmi terdaftar di BPOM. Konsultasikan dengan apoteker terbaik kami untuk kebutuhan layanan obat dan suplemenmu.

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut ini agar belanja obat makin mudah dan praktis:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)

Keyword pencarian:
obat, vitamin D, vitamin, apoteker, aturan pakai obat, suplemen