Benarkah Suplemen Vitamin D Turunkan Risiko Covid-19?

Vitamin D memiliki beberapa peran penting bagi tubuh, termasuk mengoptimalkan kerja sel darah putih pada sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Nah, benarkah suplemen vitamin D bisa menurunkan risiko Covid-19?

Vitamin D untuk cegah risiko Covid-19

Disebut-sebut konsumsi suplemen vitamin D bisa meningkatkan sistem imun sehingga berpotensi menurunkan risiko terserang Covid-19.

Vitamin D merupakan vitamin yang larut dalam lemak yang memainkan peran penting dalam tubuh kita. Nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan bagi sistem kekebalan tubuh.

Akan tetapi, perlu digarisbawahi bahwa hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang kuat dan definitif menyatakan bahwa suplemen vitamin D dapat menurunkan risiko Covid-19.

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan hubungan antara kadar vitamin D yang rendah dan peningkatan risiko Covid-19 yang parah, hubungan ini masih kompleks dan memerlukan penelitian lebih lanjut.

Manfaat potensial vitamin D

Berikut beberapa poin penting tentang manfaat potensial vitamin D untuk kesehatan:

  • Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh
  • Mengurangi peradangan
  • Berpotensi membantu melawan infeksi virus

Vitamin ini sangat penting untuk fungsi sistem kekebalan tubuh. Itulah sebabnya kadar vitamin D yang rendah kerap dikaitkan dengan peningkatan kerentanan terhadap infeksi dan penyakit.

Rekomendasi tentang suplemen vitamin D

Meski belum diketahui secara pasti kaitan antara konsumsi suplemen vitamin D dengan pencegahan Covid-19, kamu sebaiknya tetap memenuhi kebutuhan vitamin ini setiap hari.

Menjaga kadar vitamin D dalam kisaran normal bisa didapat melalui:

  • Paparan sinar matahari yang cukup
  • Konsumsi makanan kaya vitamin D (ikan berlemak, kuning telur, jamur, dll)
  • Konsumsi suplemen vitamin D (jika perlu, konsultasikan terlebih dahulu)
  • Konsumsi suplemen dengan dosis sesuai kebutuhan
  • Menjaga pola makan sehat dan gaya hidup aktif

Tetap jaga kesehatan di tengah kenaikan kasus Covid-19!

Walaupun penelitian tentang vitamin D dan Covid-19 masih berlangsung, menjaga kadar vitamin D dalam kisaran normal dapat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan dan mungkin memiliki efek positif terhadap Covid-19.

Kendati demikian, penting untuk diingat bahwa suplemen vitamin D bukanlah obat untuk Covid-19 dan tidak boleh digunakan sebagai pengganti langkah-langkah pencegahan lain seperti vaksinasi, penggunaan masker, dan menjaga jarak fisik.

Kamu dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan apoteker Apotek Pharmaplus untuk menemukan jenis vitamin D yang sesuai kebutuhan.

Apotek Pharmaplus menyediakan berbagai produk obat yang pastinya lengkap, asli, dan resmi terdaftar di BPOM. Konsultasikan dengan apoteker terbaik kami untuk kebutuhan layanan obat dan suplemenmu.

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut ini agar belanja obat makin mudah dan praktis:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)

Keyword pencarian:
obat, minum obat, suplemen, vitamin d, covid 19, covid, apoteker, aturan pakai obat