Apa Saja Manfaat Mengonsumsi Obat Cetirizine?

Kamu punya riwayat alergi? Jika ya, sebaiknya kamu selalu sedia obat cetirizine di rumah. Cetirizine adalah obat untuk mengatasi masalah alergi yang bisa dibeli secara bebas di apotek.

Obat ini tersedia dalam bentuk tablet maupun kapsul, dikonsumsi dengan dosis satu kali dalam satu hari.

Manfaat obat cetirizine juga mampu bekerja cepat dan efektif untuk mengatasi masalah alergi. Meski begitu, kamu tetap perlu waspada dan cermat membaca aturan pakai sebelum mengonsumsi obat ini.

Manfaat obat cetirizine lainnya

Pemberian resep obat cetirizine untuk kamu dengan riwayat alergi bukan tanpa alasan. Obat ini mampu membantu meringankan gejala alergi yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Berikut beberapa cara kerja dan manfaat obat cetirizine:

1. Menghambat histamin

Saat mengalami kontak langsung dengan alergen atau zat pemicu alergi, tubuh akan mengeluarkan bahan kimia yang dikenal dengan nama histamin sebagai respons antisipasi.

Histamin akan mengakibatkan munculnya gejala alergi, seperti bersin atau ruam gatal di kulit. Nah, obat cetirizine memiliki sifat antihistamin yang mampu memblokir efek dari histamin tersebut.

2. Meredakan reaksi alergi

Beberapa reaksi alergi yang bisa ditangani dengan konsumsi obat cetirizine sesuai aturan yaitu bersin, pilek, mata gatal dan berair, serta tenggorokan dan hidung yang terasa gatal.

Biasanya reaksi tersebut bisa muncul setelah tubuh mengalami kontak langsung dengan alergen, seperti serbuk sari tanaman atau bulu dari hewan peliharaan.

3. Alergi karena obat atau makanan

Dalam beberapa kasus, respons alergi juga dapat memengaruhi sinus, hidung, tenggorokan, dan bagian lain dari sistem pernapasan bagian atas.

Obat cetirizine juga membantu meringankan gatal, seperti biduran dan ruam pada kulit. Gejala-gejala tersebut sering muncul jika kamu mengalami alergi obat atau makanan.

Efek samping cetirizine

Di sampai berbagai manfaat obat cetirizine, ada pula beberapa risiko efek samping yang mungkin terjadi. Misalnya seperti mengantuk, mulut kering, merasa gerah, dan penglihatan kabur.

Sebagian juga bisa mengalami keluhan seperti muntah, diare, dan sakit perut setelah mengonsumsi obat ini.

Interaksi dengan obat lain

Waspadai penggunaan obat cetirizine bersama dengan obat atau zat lainnya. Misalnya, hindari minum-minuman beralkohol saat sedang mengonsumsi cetirizine karena bisa memicu dampak negatif yang serius.

Selain itu, mencampur cetirizine dengan obat yang bekerja dengan menekan sistem saraf pusat juga bisa meningkatkan rasa kantuk, sekaligus memengaruhi fungsi mental dan sistem saraf lebih jauh lagi.

Sedia obat alergi sesuai dengan kebutuhanmu

Jika setelah meminum obat cetirizine kondisi reaksi alergimu tak kunjung membaik atau justru semakin parah, jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter guna mendapatkan saran perawatan yang tepat.

Apotek Pharmaplus menyediakan berbagai produk obat yang pastinya lengkap, asli, dan resmi terdaftar di BPOM. Konsultasikan dengan apoteker terbaik kami untuk kebutuhan layanan obat dan suplemenmu.

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut ini agar belanja obat makin mudah dan praktis:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)

Keyword pencarian:
obat, minum obat, jadwal obat, obat alergi, obat cetirizine, cetirizine, apoteker, aturan pakai obat