5 Jenis Obat yang Perlu ada di Rumah saat Punya Bayi

Anak-anak, terutama di usia bayi, masih sangat rentan terkena masalah kesehatan karena sistem imunnya masih belum terbentuk optimal. Maka dari itu, orang tua sebaiknya siap sedia menyiapkan beberapa obat bayi di rumah.

Stok obat di rumah tidak hanya menjadi pertolongan pertama, tetapi juga dapat meringankan gejala penyakit pada bayi. Seperti diketahui, bayi terkadang belum mampu menyampaikan keluhan yang dialami sehingga menjadi lebih rewel.

Obat-obatan yang perlu ada di rumah saat ada bayi

Berikut adalah beberapa jenis obat yang disarankan selalu ada di rumah saat sedang memiliki bayi:

1. Obat penurun demam

Sistem daya tahan tubuh bayi masih dalam tahap perkembangan, oleh sebab itu mereka juga masih rentan mengalami gejala demam. Tak ada salahnya untuk menyiapkan obat antipiretik (penurun panas) dan analgesik (pereda nyeri) mengingat demam sering kali disertai dengan nyeri.

Biasanya saat demam, bayi akan menjadi lebih rewel dan tidurnya pun jadi tak nyenyak. Obat penurun demam yang bisa disediakan di rumah misalnya yang mengandung paracetamol atau ibuprofen.

2. Obat biang keringat

Kulit bayi masih sangat sensitif, sehingga rentan juga mengalami ruam atau biang keringat. Misalnya karena cuaca panas, debu, atau karena alergi.

Biasanya biang keringat pada bayi muncul ditandai dengan bintik-bintik kemerahan pada kulit, akibat penyumbatan pada kelenjar keringat yang tersebar di kulit.

Beberapa produk obat biang keringat untuk anak misalnya berupa bedak atau losion.

3. Obat batuk pilek

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak terutama bayi juga rentan terkena batuk pilek terutama di musim pancaroba. Saat mengalami kondisi ini, bayi biasanya jadi lebih sering menangis dan sulit tidur nyenyak karena tak nyaman.

4. Obat diare

Umumnya diare pada bayi disebabkan karena bayi mengalami dehidrasi dan fesesnya menjadi terlalu encer. Meskipun begitu, diare pada bayi merupakan masalah yang cukup serius mengingat hal ini dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan pada bayi.

Jangan lupa untuk tetap sambil memberikan asupan makanan dan minuman bergizi pada Si Kecil saat diare, ya.

5. Obat sariawan

Meskipun sariawan dapat diatasi dengan memperbanyak minum air putih dan konsumsi vitamin, penanganan sariawan pada bayi dapat menggunakan obat sariawan untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal.

Demikian ulasan tentang beragam obat yang perlu disediakan di rumah untuk dijadikan pertolongan pertama saat memiliki bayi.

Pastikan untuk selalu membaca aturan pakai obat!

Perlu diingat bahwa obat yang diformulasikan untuk bayi berbeda dengan obat yang bisa dikonsumsi oleh orang dewasa. Selain itu, selalu ikuti petunjuk dokter atau aturan pakai yang tertera pada kemasan obat saat hendak memberikan obat untuk bayi.

Apotek Pharmaplus menyediakan berbagai produk obat yang pastinya lengkap, asli, dan resmi terdaftar di BPOM. Konsultasikan dengan apoteker terbaik kami untuk kebutuhan layanan obat dan suplemenmu.

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut ini agar belanja obat makin mudah dan praktis:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)

Keyword pencarian:
obat, minum obat, jadwal obat, obat bayi, obat batuk bayi, obat demam bayi, obat pilek bayi, apoteker, aturan pakai obat