5 Bentuk Sediaan Suplemen Vitamin C, Sesuaikan dengan Kebutuhanmu!

Untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian, kamu mungkin memerlukan asupan suplemen. Nah, di apotek kini tersedia berbagai jenis bentuk sediaan vitamin C. Mana yang biasa kamu konsumsi?

Vitamin C atau dapat disebut juga dengan asam askorbat adalah senyawa yang larut dalam air dan ditemukan pada organisme hidup. Manfaat vitamin C untuk kesehatan tubuh begitu penting.

Selain berperan dalam proses metabolisme dalam tubuh, vitamin C juga memiliki fungsi lain yaitu menjadi antioksidan untuk daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka.

Macam-macam bentuk sediaan vitamin C

Terdapat berbagai macam bentuk sediaan suplemen vitamin C yang kini tersedia di pasaran. Tiap bentuk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ulasannya:

1. Tablet kunyah

Sediaan vitamin C berbentuk tablet kunyah dirancang sebagai alternatif bagi kamu yang kesulitan dalam menelan tablet biasa atau pil secara utuh.

Bentuk tablet kunyah biasanya ditambahkan sedikit dengan gula, dengan tujuan menutupi bahan kandungan yang rasanya pahit.

2. Tablet

Bentuk sediaan vitamin C tablet biasanya paling banyak dipilih, terutama karena dinilai praktis dan memiliki umur simpan lebih lama dibandingkan sediaan lain.

Tablet pada umumnya juga memberikan sistem pengantaran yang efektif, sehingga dianggap sebagai bentuk pilihan dari sebagian besar obat farmasi.

Selain sebagai suplemen vitamin, sediaan tablet juga banyak digunakan untuk suplemen mineral dan antioksidan yang tidak memerlukan dosis tinggi.

3. Tablet effervescent

Tablet effervescent merupakan bentuk sediaan yang dapat larut dalam air. Bentuk ini biasanya dirancang efisien untuk penyerapan nutrisi yang lebih efektif.

Kalau kamu memiliki kesulitan dalam menelan suplemen berbentuk tablet, maka sediaan tablet effervescent bisa menjadi pilihan alternatif lain.

4. Cair

Suplemen vitamin berbentuk cair biasanya diklaim dapat diserap tubuh dengan lebih cepat, jika dibandingkan dengan bentuk tablet atau kapsul.

Dikutip dari Livestrong, kelebihan dari bentuk vitamin cair di antaranya adalah lebih mudah dikonsumsi bagi anak-anak atau seseorang yang kesulitan menelan suplemen dalam bentuk pil atau kapsul.

Tak hanya itu, bentuk cair juga lebih mudah dikonsumsi jika kamu memiliki gangguan pencernaan.

5. Kapsul

Kapsul merupakan bentuk yang banyak digunakan dalam pembuatan suplemen. Sama halnya seperti tablet kunyah, kapsul juga dirancang untuk proses penyerapan vitamin yang lebih cepat.

Demikian informasi tentang berbaga bentuk sediaan vitamin C. Setiap bentuk vitamin C memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing, yang perlu kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Apapun jenis sediaan yang cocok untukmu, yuk belanja kebutuhan stok suplemen vitamin harianmu di Apotek Pharmaplus. Berbagai merek suplemen vitamin tersedia lengkap sesuai kebutuhanmu. Segera hubungi nomor Whatsapp cabang terdekat dari lokasimu, ya!

Berikut daftar lokasi cabang Apotek Pharmaplus:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079