5 Dampak Tubuh Kekurangan Vitamin D, Salah Satunya Tulang Rapuh!

Tubuh membutuhkan asupan vitamin yang cukup agar berbagai fungsi organ bisa maksimal, salah satunya vitamin D. Lalu apa dampak buruknya jika tubuh kekurangan vitamin D?

Perlu diketahui bahwa vitamin D merupakan jenis vitamin yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Dengan demikian, kamu perlu mendapatkan asupannya dari sumber lain.

Salah satu sumber vitamin D alami yakni sinar matahari. Jika kamu jarang beraktivitas di luar ruangan dan tidak rutin terpapar sinar matahari, tubuhmu pun rentan kekurangan vitamin D.

Gejala tubuh kekurangan vitamin D

Lalu seperti apa saja tanda yang diperlihatkan oleh tubuh ketika kekurangan vitamin D? Berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan:

  • Mudah lelah
  • Sering nyeri atau kram otot
  • Mood mudah berubah-ubah
  • Nyeri pada tulang

Pada anak-anak, kekurangan vitamin D juga dapat ditandai dengan hal yang lebih serius. Salah satunya anak bisa mengalami rakitis, di mana tulangnya menjadi rapuh dan menjadi gangguan pertumbuhan.

Jika tidak segera diatasi dengan tepat, kondisi ini bisa menimbulkan gejala khas seperti nyeri tulang, kelemahan otot dan kelainan bentuk persendian.

Dampak kekurangan vitamin D bagi tubuh

Apabila tubuh sudah menunjukkan tanda-tanda defisit vitamin D, tetapi terus dibiarkan tanpa tindakan lebih lanjut, kamu berisiko mengalami dampak yang lebih serius. Berikut beberapa dampak tersebut:

1. Tulang rapuh

Seperti diketahui, vitamin D merupakan salah satu komponen penting bagi tulang. Jika tubuh kekurangan vitamin D, tulang pun menjadi salah satu bagian yang terkena dampak buruknya. Tulang menjadi rapuh, mudah patah, hingga berisiko menjadi penyakit osteoporosis.

2. Berisiko memicu kepikunan

Sebuah studi dalam jurnal Neurology menyebutkan bahwa defisit vitamin D pada orang dewasa dapat meningkatkan risiko demensia hingga dua kali lipat!

Demensia sebenarnya bukan penyakit spesifik, tetapi merupakan sekelompok kondisi yang ditandai dengan penurunan fungsi otak. Gejalanya termasuk mudah lupa dan gangguan kemampuan berpikir.

3. Mudah lelah

Vitamin D diperlukan oleh tubuh untuk menjaga stamina dan kinerja otot. Jika tubuh defisit vitamin D, dampaknya bisa membuat tubuhmu jadi mudah lelah dan kaku pada otot.

4. Penurunan daya tahan tubuh

Fungsi lain vitamin D dalam tubuh yakni mengoptimalkan kerja sel darah tubuh, yang berperan dalam melawan virus dan bakteri pemicu penyakit. Defisit vitamin D pun bisa menurunkan kemampuan sel darah putih untuk melawan virus.

5. Berdampak pada risiko kanker

Studi dalam American Society for Radiation Oncology mengungkapkan bahwa tubuh yang kekurangan vitamin D berisiko mengalami beberapa jenis kanker. Termasuk seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker paru hingga kanker usus.

Kamu bisa mendapatkan berbagai produk suplemen vitamin D terbaik di Apotek Pharmaplus. Segera hubungi nomor Whatsapp cabang terdekat dari lokasimu, ya!

Berikut daftar lokasi cabang Apotek Pharmaplus:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079