Cuaca Panas Terik Melanda, Jangan Lupa Pakai Sunscreen Ya!

Belakangan cuaca dan suhu udara di Indonesia terasa sangat panas. Sinar matahari juga terik dan menyengat di kulit. Kalau sudah begini, sunscreen mutlak perlu dipakai secara berkala, lho.

Dikutip dari Detikcom, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Salah satunya dilaporkan karena dinamika atmosfer yang tidak biasa.

Selain itu, sedang terjadi gelombang panas di wilayah Asia. Intensitas maksimum radiasi matahari juga sedang berada pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan.

Maka dari itu, kamu perlu menjaga kesehatan kulit dengan rutin memakai sunscreen. Termasuk juga saat kamu sedang beraktivitas di dalam ruangan.

Manfaat sunscreen bagi kesehatan kulit

Apa saja sih sebenarnya alasan dan manfaat pentingnya memakai sunscreen secara rutin untuk kulit? Yuk simak ulasan berikut ini:

1. Mencegah penuaan dini

Sinar UVA yang ada pada pancaran sinar matahari dapat menembus hingga ke bagian dalam kulit. Hal inilah yang diyakini menjadi faktor utama terjadinya penuaan dini.

Jadi jika kamu rajin pakai sunscreen, kulit pun terlindungi dari paparan sinar UVA.

2. Mengurangi risiko kanker kulit

Dikutip dari laman Skin Cancer Foundation, paparan UVA dan UVB pada sinar matahari sama-sama memiliki risiko untuk menyebabkan kanker kulit. UVA dan UVB juga memiliki kemampuan untuk merusak sel-sel pada kulit juga.

Oleh sebab itu, menggunakan sunscreen akan sangat membantu mengurangi risiko terkena kanker kulit.

3. Menjaga warna kulit tetap rata

Tahukah kamu kalau sunscreen juga memiliki fungsi untuk melindungi protein dalam tubuh? Dengan demikian maka kolagen, keratin, dan elastin dapat diproduksi dengan maksimal.

Ingat ya, supaya kesehatan kulit tetap terjaga dengan maksimal di tengah paparan cuaca dan suhu panas, selain pakai sunscreen kamu juga harus rajin minum air putih. Hidrasi yang cukup akan memaksimalkan manfaat sunscreen dan menjaga elastisitas kulit.

Kamu bisa mendapatkan berbagai produk sunscreen terbaik di Apotek Pharmaplus. Segera hubungi nomor Whatsapp cabang terdekat dari lokasimu, ya!