7 Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan, Jangan Sampai Terlupakan!

Ada banyak kandungan nutrisi yang penting dan tak boleh dilewatkan asupannya oleh tubuh, termasuk omega-3. Nah, tahukah kamu apa saja manfaat omega-3 untuk kesehatan? Yuk kenalan lebih jauh!

Omega-3 adalah salah satu jenis asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa manfaat omega-3 yang penting termasuk membantu menjaga kesehatan mata, hingga menurunkan risiko kanker.

Dikutip dari laman Kemenkes RI, kandungan omega-3 sendiri bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber alami seperti ikan laut (salmon, tuna, sarden, dan tongkol), kacang kedelai, telur, dan lain-lain.

Beberapa jenis asam lemak omega-3 yang paling banyak dikenal yakni ALA (alpha-linolenic acid), EPA (eicosapentaenoic acid), dan DHA (docosahexaenoic acid).

Beragam manfaat omega-3 bagi kesehatan

Nah, lalu apa saja sih manfaat omega-3 bagi kesehatan tubuh? Yuk kita simak ulasannya berikut ini:

1. Menjaga kesehatan mata

Salah satu gangguan mata yang rentan terjadi khususnya pada orang berusia lanjut yakni degenerasi makula. Kondisi ini membuat pandangan mata tampak buram.

Menurut jurnal ilmiah berjudul Dietary Omega-3 Fatty Acids and the Risk for Age-Related Maculopathy: The Alienor Study, yang dipublikasikan oleh Investigative Ophthalmology & Visual Science, konsumsi sumber omega-3 seperti minyak ikan dapat menurunkan risiko kondisi ini.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

American Heart Association menyebutkan bahwa konsumsi ikan yang mengandung minyak tinggi dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan stroke. Makanan yang kaya asam lemak ini diketahui dapat mengurangi kadar trigliserida (lemak jahat) dalam darah.

3. Baik bagi kesehatan tulang dan sendi

Manfaat omega-3 lainnya diketahui juga dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang, yakni dengan menambah jumlah kalsium di tulang.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur yang cukup dan nyenyak merupakan salah satu kebiasaan yang baik untuk tubuh sehat. Kurang tidur bahkan sudah sering dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk obesitas, diabetes, dan depresi.

Diketahui bahwa tingkat DHA yang rendah terkait dengan tingkat hormon melatonin yang lebih rendah. Padahal hormon ini justru berperan membantumu agar bisa tidur nyenyak.

5. Meredakan sindrom metabolik

Sindrom metabolik adalah kumpulan kondisi gangguan kesehatan, termasuk obesitas sentral (penumpukan lemak perut), tekanan darah tinggi, trigliserida tinggi, dan gula darah tinggi.

Kondisi ini jika tak segera diperbaiki juga rentan meningkatkan risiko banyak penyakit lain, seperti penyakit jantung dan diabetes. Konsumsi cukup omega-3 pun dapat membantu menurunkan kadar gula darah, peradangan, dan faktor risiko penyakit jantung.

6. Menurunkan risiko kanker

Omega-3 juga disebut-sebut bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker. Hal ini didukung dengan suatu penelitian yang dirilis dalam American Journal of Epidemiology, di mana partisipan yang mengonsumsi omega-3 mengalami penurunan risiko kanker usus sebesar 55 persen.

Selain itu, manfaat omega-3 berikutnya juga banyak dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat pada pria dan kanker payudara pada wanita. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat yang satu ini.

7. Menjaga kesehatan otak

Kemampuan kamu untuk berpikir dan mengingat rentan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Konsumsi omega-3 pun dipercaya dapat membantu memperlambat degenerasi otak, yang mengarah pada kepikunan dan risiko penyakit alzheimer.

Manfaat omega-3 yang satu ini akan lebih optimal apabila kamu rutin mengonsumsi suplemen omega-3 sejak dini, terutama jika sudah mulai memiliki gejala pikun maupun alzheimer ringan.

Kamu bisa membeli berbagai pilihan suplemen omega-3 di Apotek Pharmaplus! Kalau kamu masih ragu dalam memilih produk obat atau alat kesehatan lainnya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan apoteker terpercaya kami, ya!

Yuk, segera hubungi nomor Whatsapp cabang terdekat dari lokasimu. Berikut daftar lokasi cabang Apotek Pharmaplus:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)