7 Manfaat Madu untuk Kesehatan, Salah Satunya untuk Tingkatkan Imun

Selain punya rasa manis alami yang enak, madu juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini karena madu diperkaya dengan banyak kandungan gizi yang tinggi.

Dikutip dari Healthline, madu memiliki kandungan protein, karbohidrat, serat, fosfor, natrium, kalium, dan juga vitamin C.

Tapi ingat ya, aturan minum madu dalam satu hari tetap perlu dibatasi yakni sekitar satu sendok teh sekali minum. Jumlahnya bisa 2-3 kali dalam sehari.

Meski mengandung beragam nutrisi penting seperti mineral, vitamin, hingga antioksidan, madu bisa dikatakan sebagai sejenis gula dan tak baik dikonsumsi berlebihan.

Apa saja manfaat madu bagi kesehatan?

Nah, lalu apa saja sih manfaat yang bisa didapat dengan rutin mengonsumsi madu? Berikut ulasannya:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Madu memiliki senyawa fitonutrien yang diklaim dapat memperkuat sel-sel imun di dalam tubuh manusia. Selain itu, madu juga dipercaya memiliki sifat sebagai antibakteri dan antijamur yang alami.

2. Menangkal radikal bebas

Selain meningkatkan imunitas tubuh, senyawa fitonutrien di dalam madu juga bisa menjadi antioksidan alami. Maka dari itu, madu dapat membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh, serta mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Kandungan antioksidan alami dalam madu diketahui dapat membantu tubuh melawan radikal bebas, termasuk dalam sistem pencernaan. Tekstur madu yang lembut juga bisa membantu meredakan peradangan di kerongkongan dan melapisi selaput lendir kerongkongan.

Maka dari itu, madu sering diandalkan sebagai obat rumahan untuk meredakan maag. Biasanya, madu dikonsumsi bersamaan dengan perasan air lemon. Pada orang yang sehat, campuran ini bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

4. Meredakan batuk

Rasa madu yang manis dapat memicu produksi air liur dan dapat melembapkan tenggorokan yang kering, sehingga batuk akibat rasa gatal di tenggorokan akan hilang secara perlahan. Madu juga bermanfaat sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk meredakan peradangan.

5. Baik bagi kesehatan jantung

Selain sistem pencernaan, madu juga baik bagi kesehatan jantung. Ini karena terdapat senyawa fitonutrien di dalam madu, yang berkhasiat melancarkan aliran darah dan mencegah terbentuknya aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan plak kolesterol).

Sejumlah penelitian juga mengungkapkan bahwa madu dapat menurunkan tekanan darah dan menghilangkan lemak di dalam darah.

6. Berpotensi menurunkan risiko kanker

Salah satu penelitian pada jurnal Pharmacognosy Research menyebutkan bahwa madu memiliki potensi untuk menurunkan risiko berbagai jenis kanker.

Seperti diketahui, penyakit kanker terjadi akibat sel-sel tubuh menjadi abnormal. Akibatnya, sel menumpuk dan membentuk tumor.

Nah, senyawa aktif pada madu dapat mencegah poliferasi sel dan merangsang apoptosis. Poliferasi sel adalah siklus pembelahan sel, saat sel membelah menjadi dua sel turunan. Sementara, apoptosis adalah program yang memerintahkan sel untuk mati. Tetapi masih diperlukan studi lebih lanjut tentang manfaat yang satu ini.

7. Menjaga kadar kolesterol darah

Nutrisi dalam madu juga memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL), meningkatkan kadar kolesterol (HDL), dan meningkatkan NO (nitrit oksida).

NO sendiri merupakan suatu gas yang berperan untuk melancarkan sistem peredaran darah, menjaga fungsi otot jantung, dan mengatur tekanan darah.

Dikutip dari laman Kemenkes RI, madu mengandung asam organik yang terdiri dari asam amino untuk pembuatan protein tubuh (asam amino non-esensial) dan asam amino esensial (lysine, histadin, dan triptofan).

Ada banyak jenis madu yang bisa kamu pilih untuk dikonsumsi, mulai dari madu manuka (manuka honey), clover honey, madu hutan, madu hitam, madu akasia, dan masih banyak lagi.

Apapun pilihan jenis dan merek madu favoritmu, kamu bisa membelinya di Apotek Pharmaplus! Yuk, segera hubungi nomor Whatsapp cabang terdekat dari lokasimu. Berikut daftar lokasi cabang Apotek Pharmaplus:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)