Agar Tetap Sehat, Seberapa Penting Ibu Hamil Mengonsumsi Suplemen?

Selama masa kehamilan, kesehatan tubuh ibu dan janin menjadi hal yang sangat penting diperhatikan. Untuk mencapai proses pertumbuhan yang maksimal, ibu hamil pun perlu memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Sebab seperti diketahui, kekurangan nutrisi selama kehamilan dikhawatirkan bisa menghambat pertumbuhan janin.

Beberapa vitamin dan mineral yang perlu dipenuhi oleh ibu hamil termasuk seperti zat besi, zinc, protein, vitamin A vitamin B, vitamin C, asam folat, hingga kalsium.

Selain melalui asupan makanan sehari-hari, hal ini bisa didapat dengan konsumsi suplemen vitamin khusus ibu hamil. Tetapi untuk hal ini, sebaiknya tetap dikonsultasikan dengan dokter kandungan agar sesuai kebutuhan dan kondisi masing-masing.

Kondisi yang membuat ibu hamil perlu suplemen

Dikutip dari laman Promkes Kemenkes RI, berikut beberapa kondisi yang membuat ibu hamil perlu mengonsumsi suplemen tambahan:

1. Anemia

Waspadai tanda-tanda seperti sering pusing, lemas, kulit pucat, dan jantung berdebar-debar. Ada kemungkinan ibu hamil mengalami kondisi anemia. Risiko anemia pada ibu hamil dapat meningkat karena kebutuhan zat besi (Fe) juga lebih tinggi, yakni hingga 800 mg sehari.

2. Kekurangan nutrisi

Tanpa pemenuhan nutrisi yang cukup, janin berisiko mengalami hambatan perkembangan. Ciri-ciri ibu hamil kurang nutrisi termasuk berat badan tidak bertambah, sering sakit, mudah pusing dan lemah.

3. Kehamilan bayi kembar

Jika ibu hamil sudah menjalankan USG transabdominal dan mendapati bayi dalam kandungan kembar, maka konsumsi nutrisi ekstra perlu segera diterapkan. Alasannya, kehamilan kembar membutuhkan jumlah asupan nutrisi lebih banyak ketimbang kehamilan satu janin.

4. Muntah-muntah

Ada kalanya ibu hamil memiliki keluhan muntah-muntah yang cukup parah, bahkan hingga lemas dan sulit beraktivitas. Pemenuhan nutrisi pun jadi terganggu karena apa pun yang dikonsumsi biasanya akan dimuntahkan kembali. Kondisi ini disebut hyperemesis gravidarum.

Jika ini terjadi, maka konsumsi suplemen tambahan mungkin diperlukan dengan tujuan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian selama kehamilan.

Kandungan nutrisi yang diperlukan ibu hamil

Nah, untuk menanggulangi hal-hal tersebut, ibu hamil pun disarankan untuk mengonsumsi suplemen tambahan berikut:

1. Zat besi

Zat besi perlu dikonsumsi ibu hamil dengan cukup karena memiliki peran penting, termasuk membantu membentuk sel darah merah. Zat besi juga berperan membentuk plasenta yang kuat, melancarkan sirkulasi oksigen dalam tubuh, dan menjaga kebugaran tubuh ibu hamil serta janin.

2. Kalsium

Kalsium adalah mineral yang paling banyak ada di dalam tubuh dan dapat diperoleh melalui vitamin D. Asupan kalsium juga perlu ditingkatkan jika ibu hamil banyak mengonsumsi makan yang mengandung protein atau fosfor.

3. Asam Folat

Konsumsi asam folat untuk ibu hamil harus dimulai sedini mungkin, bahkan sejak trimester pertama. Dosis yang disarankan adalah 400 mikrogram per hari. Gunanya untuk pembentukan DNA, perkembangan otak, dan saraf janin dalam kandungan.

4. Berbagai jenis vitamin

Vitamin-vitamin dasar dan vital seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan vitamin D penting dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh bumil dari beragam penyakit yang mungkin menyerang selama kehamilan.

Agar aman, imbangi konsumsi suplemen-suplemen di atas dengan istirahat tidur yang cukup dan makan makanan bergizi seimbang. Yang tak kalah penting, selalu konsultasikan penggunaan suplemen dengan dokter atau tenaga kesehatan terpercaya, ya.

Stok suplemen vitamin habis tapi belum sempat pergi ke apotek? Jangan khawatir! Kamu bisa belanja obat dan kebutuhan suplemen lainnya di Apotek Pharmaplus via Whatsapp, lho. Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)