7 Rekomendasi Suplemen Penambah Darah untuk Atasi Anemia

Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi, yakni ketika jumlah sel darah merah dalam tubuh lebih rendah dari normal. Jika kamu mengalaminya, kamu mungkin perlu mengonsumsi suplemen penambah darah secara rutin.

Sel darah merah sendiri dalam tubuh memiliki kandungan protein dengan zat besi yang disebut sebagai hemoglobin. Komponen ini berfungsi untuk mengikat dan menyalurkan oksigen ke seluruh sel tubuh.

Pada pasien anemia, jumlah sel darah merah dan hemoglobinnya berkurang sehingga oksigen tidak tersuplai dengan baik. Gejala yang perlu diwaspadai di antaranya seperti kelelahan, sakit kepala, hingga sesak napas. Sekilas tampilan kulit pun terlihat pucat.

Meski anemia sebenarnya bisa dialami oleh siapa saja, tetapi wanita yang sedang menstruasi disebut paling rentan.

Pilihan suplemen penambah darah

Suplemen penambah darah biasanya memiliki kandungan zat besi, asam folat, atau vitamin B12. Suplemen ini dibutuhkan oleh tubuh jika dalam kondisi tertentu asupan dari makanan saja tidak dapat mencukupi.

Berikut beberapa produk suplemen vitamin penambah darah untuk mengatasi anemia:

1. Sakatonik Liver

Sakatonik Liver mengandung zat besi, vitamin B, serta mineral lain seperti mangan, kalsium, dan zinc. Seluruh kandungan ini berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan proses metabolisme. Suplemen ini pun dapat membantu mengatasi anemia akibat kekurangan zat besi.

2. Sangobion

Pilihan suplemen penambah darah untuk anemia defisiensi zat besi berikutnya yakni merek Sangobion. Selain zat besi, Sangobion juga dilengkapi dengan kandungan vitamin C, asam folat, dan vitamin B kompleks. Semua komponen ini bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah dan membantu penyerapan zat besi.

3. Hemobion

Hemobion menjadi salah satu suplemen penambah darah yang bisa dikonsumsi pada masa kehamilan atau menyusui. Suplemen ini juga dapat mengatasi anemia pada kondisi tertentu, seperti saat menstruasi.

Suplemen Hemobion mengandung zat besi, asam folat, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin E.

4. Tonikum Bayer

Suplemen berbentuk sirup ini mengandung kombinasi multivitamin, zat besi, dan mineral yang dibutuhkan tubuh selama masa pertumbuhan, usia lanjut, menstruasi, serta masa kehamilan.

Konsumsi Tonikum Bayer dapat membantu proses pembentukan sel darah merah, sehingga bisa mengatasi penyakit anemia akibat kekurangan zat besi.

5. Maltofer

Maltofer dalam bentuk sediaan tablet ini mengandung zat besi jenis iron polymaltosa complex (IPC), yang dapat diserap secara aktif sehingga tubuh hanya menyerap zat besi sesuai dengan kebutuhan saja. Meski begitu, pemberian dosis Maltofer perlu disesuaikan dengan tingkat defisiensi zat besi setiap orang, sehingga dianjurkan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

6. Ferlin Drops

Pada anak-anak, suplemen penambah darah yang bisa diberikan salah satunya merek Ferlin Drops. Pemberian suplemen ini diharapkan bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan zat besi anak dalam masa pertumbuhan.

7. Nature’s Plus Iron

Suplemen Nature’s Plus Iron diformulasikan khusus untuk membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Selain itu, juga untuk meningkatkan imun tubuh dan menambah energi untuk mengatasi kelelahan akibat kurang darah.

Nah, itulah beberapa rekomendasi suplemen penambah darah yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi anemia atau memenuhi kebutuhan zat besi harian. Kalau masih bingung memilih suplemen yang cocok, kamu bisa konsultasi terlebih dahulu dengan apoteker di Apotek Pharmaplus, ya!

Tak perlu khawatir juga kalau kamu tidak bisa datang langsung, belanja obat dan suplemen di Apotek Pharmaplus kini semakin mudah via WhatsApp.

Berikut daftar lokasi cabang Apotek Pharmaplus:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)