Manfaat Mineral bagi Tubuh, Perlukah Minum Suplemen?

Selain vitamin, asupan mineral juga tak boleh dilupakan demi menjaga kesehatan tubuh yang optimal. Jika perlu, kamu juga mungkin perlu mengonsumsi suplemen untuk bantu penuhi kebutuhan mineral harian.

Dikutip dari Yankes Kemenkes RI, mineral merupakan senyawa anorganik yang diperlukan tubuh untuk metabolisme serta untuk pembentukan tulang dan gigi.

Zat mineral dibagi kedalam 2 kelompok, yaitu:

  • Makromineral: diperlukan dalam jumlah >100 mg/hari
  • Mikromineral: diperlukan dalam jumlah <100 mg/hari

Manfaat mineral bagi kesehatan

Dari sekian banyak jenis mineral, ada yang memiliki peran penting bagi keberlangsungan kinerja organ dalam tubuh. Ada juga yang berperan dalam metabolisme tubuh. Berikut ulasannya:

1. Kalsium

Kalsium adalah jenis mineral makro yang berperan penting dalam tubuh. Kebutuhan kalsium meningkat pada masa pertumbuhan (bayi dan anak-anak), masa menyusui, dan wanita pascamenopause.

Fungsi utama kalsium yakni pembentukan tulang, gigi serta pengaturan fungsi saraf dan otot.

2. Kalium

Kalium adalah zat mineral yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Mineral ini bekerja sebagai kation utama dalam cairan intrasel, fungsi saraf dan otot, serta berperan dalam kinerja enzim.

3. Natrium

Natrium berfungsi sebagai kation utama ekstrasel, mengatur volume plasma, serta membantu fungsi saraf dan otot. Hiponatremia (kekurangan natrium) menyebabkan mual muntah dan kejang.

Sementara itu, hipernatremia (kelebihan natrium) menyebabkan keluhan seperti kulit terasa panas, suhu tubuh meningkat, tekanan darah naik, lidah terasa kering dan kasar.

4. Magnesium

Magnesium adalah jenis mineral yang dihasilkan tubuh secara alami. Mineral ini lebih banyak berada pada tulang sebagai unsur pembentuk utama dan sisanya di jaringan lunak. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan diare.

5. Seng

Seng merupakan mineral yang memainkan banyak peran penting di dalam tubuh. Secara alami, seng terdapat pada sumber seperti susu dan produk olahannya, kerang, dan kacang kacangan.

Rekomendasi suplemen mineral

Ingin mengoptimalkan asupan mineral sehari-hari dengan konsumsi suplemen? Berikut beberapa rekomendasi yang bisa kamu pilih:

1. Renovit Multivitamin & Mineral

Renovit Multivitamin & Mineral memiliki kandungan 12 vitamin dan 13 mineral dalam satu kaplet. Vitamin dan mineral tersebut di antaranya adalah vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, kalsium, selenium, asam folat, biotin, hingga zat besi.

Kandungan vitamin tersebut bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menutrisi organ-organ penting dalam tubuh.

2. Blackmores Multivitamins + Minerals

Sesuai namanya, suplemen Blackmores Multivitamins + Minerals memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lengkap.

Vitamin dan mineral yang terdapat dalam suplemen ini di antaranya vitamin C, vitamin A, vitamin B1, B5, B6, B12, vitamin D, hingga asam folat, zat besi, magnesium, kalsium, mangan, kaolin, dan biotin.

3. Enervon C Active

Suplemen multivitamin ini memiliki kandungan non-acidic vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat pemulihan sekaligus aman bagi lambung.

Selain itu, Enervon C Active juga memiliki kandungan vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, dan vitamin B12, serta membantu memenuhi kebutuhan zinc harian.

4. Cerebrovit X-Cel

Suplemen multivitamin Cerebrovit X-Cel memiliki kandungan vitamin esensial untuk kesehatan tubuh seperti zinc, selenium, vitamin B1, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, dan vitamin E.

5. Pharmaton Formula

Pharmaton Formula mengandung Ginseng G115, serta dilengkapi dengan 11 vitamin dan 8 mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Konsumsi suplemen ini diklaim dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus otak pada saat bekerja, serta menjaga kesehatan tubuh dan memelihara stamina.

Pemilihan suplemen vitamin dan mineral yang tepat dapat membantu mengoptimalkan metabolisme tubuh. Maka dari itu, jangan lupa penuhi kebutuhan nutrisi harianmu dengan suplemen jika diperlukan.

Tak perlu bingung memilih suplemen yang tepat, yuk tanyakan langsung pada apoteker kami secara gratis!

Keunggulan lainnya belanja obat dan suplemen di Apotek Pharmaplus:

✅ Dijamin setiap obat 100% asli dan berkualitas
✅ Pilihan obat terlengkap
✅ Lebih hemat setiap hari
✅ Tak perlu repot karena bisa belanja via WhatsApp
✅ Gratis konsultasi dengan Apoteker

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut ini:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)