7 Rekomendasi Obat Gatal yang Dijual di Apotek

Meski mungkin tidak berbahaya, tetapi gatal-gatal bisa sangat mengganggu kenyamanan beraktivitas setiap hari. Dalam kondisi tertentu, penggunaan obat gatal yang dijual di apotek mungkin diperlukan.

Dikutip dari Medical News Today, kulit gatal bisa disebabkan oleh ruam atau gangguan kulit lainnya.

Kulit memiliki fungsi vital sebagai penghalang yang melindungi bagian dalam tubuh. Organ ini memiliki lapisan sel-sel khusus dari sistem kekebalan yang dapat melindungi tubuh dan kulit dari virus dan bakteri.

Ketika sel-sel kulit ini mendeteksi ada zat asing yang mencurigakan, timbul reaksi yang menyebabkan area tersebut meradang. Kondisi ini disebut sebagai ruam atau dermatitis, yang kemudian dapat menyebabkan gatal.

Rekomendasi obat gatal apotek

Jika pengobatan rumahan tak kunjung berhasil meredakan gatal, dokter mungkin akan merekomendasikan obat resep atau perawatan lain. Berikut beberapa pilihan obat gatal yang paten di apotek:

1. Lameson

Gatal akibat peradangan pada kulit dapat diredakan dengan obat Lameson. Obat dengan kandungan Methylprednisolone ini termasuk dalam kategori kortikosteroid dan memerlukan resep dokter.

Lameson kerap digunakan pada keluhan gatal dengan kemerahan dan kering pada kulit. Sediaan Lameson ada dalam bentuk tablet 4 mg, 8 mg dan 16 mg. Harga sekitar Rp 5 ribu hingga Rp 12 ribu per tablet.

2. Cetirizine

Cetirizine merupakan obat yang biasanya digunakan untuk mengobati gejala reaksi alergi, termasuk gatal. Beberapa efek samping yang dapat muncul dari konsumsi Cetirizine misalnya mengantuk, sakit kepala, hingga rasa tak nyaman di perut. Harga sekitar Rp 14 ribu per strip.

3. Caladine Cream

Caladine Cream menjadi salah satu obat gatal apotek yang tersedia dalam bentuk salep atau krim. Obat ini mengandung calamine, sehingga cocok untuk mengatasi gatal akibat iritasi ringan.

Selain itu, Caladine Cream juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit gatal akibat gigitan serangga, biang keringat hingga reaksi alergi ringan. Harga sekitar Rp 10 ribu per tube.

4. Alleron

Selain Cetirizine, pilihan obat gatal untuk reaksi alergi lain yang dapat dikonsumsi yaitu Alleron. Obat ini memiliki kandungan Chlorpheniramine Maleate, yang bekerja dengan cara menghambat efek dari histamin pemicu alergi.

Obat ini juga dapat meredakan gatal yang disebabkan oleh dermatitis, rhinitis, hingga gatal yang dipicu oleh iritasi akibat gigitan serangga. Harga sekitar Rp 2 ribu per strip.

5. Claritin

Claritin menjadi salah satu pilihan obat gatal, terutama untuk mengatasi gejala rhinitis alergi seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, dan gatal di hidung.

Penggunaan obat ini biasanya ditujukan untuk mengatasi berbagai keluhan gejala alergi seperti gatal dan ruam kulit. Harga sekitar Rp 11 ribu per tablet.

6. Xyzal

Obat gatal Xyzal memiliki kandungan zat aktif Levocetirizine dihydrochloride, yang kerap digunakan untuk mengatasi gatal dan ruam kulit akibat alergi.

Cara kerja obat Xyzal yakni dengan menghalangi proses pembentukan histamin dalam tubuh. Obat ini sendiri juga sering digunakan oleh orang dengan riwayat alergi rhinitis. Harga sekitar Rp 10 ribu per tablet.

7. Mesol

Mesol memiliki kandungan aktif Methylprednisolone, yang merupakan sebagai obat gatal anti-inflamasi dengan keluhan kemerahan dan gatal-gatal pada kulit. Harga sekitar Rp 5 ribu hingga Rp 7 ribu per tablet.

Demikian ulasan tentang berbagai jenis obat gatal yang paten dan tersedia di apotek. Jangan ragu berkonsultasi dengan dokter atau apoteker tentang penggunaan obat yang tepat dan sesuai kebutuhanmu.

Kalau masih bingung, kamu bisa berkonsultasi dengan apoteker Apotek Pharmaplus secara gratis.

Keunggulan lainnya belanja obat dan suplemen di Apotek Pharmaplus:

✅ Dijamin setiap obat 100% asli dan berkualitas
✅ Pilihan obat terlengkap
✅ Lebih hemat setiap hari
✅ Tak perlu repot karena bisa belanja via WhatsApp
✅ Gratis konsultasi dengan Apoteker

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut ini:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)