Rekomendasi Salep Luka Bakar yang Efektif di Apotek

Kena luka bakar dan khawatir ada bekas luka yang terus membekas di kulit? Kamu bisa menggunakan salep luka bakar yang tepat sebagai salah satu solusinya.

Luka bakar sendiri merupakan salah satu jenis luka atau cedera rumah tangga yang paling umum. Kondisi ini bahkan tak hanya bisa terjadi pada orang dewasa, tapi juga anak-anak, lho.

Efek yang muncul biasanya berupa nyeri, kulit kemerahan, serta bengkak pada kulit.

Kendati demikian, perlu diketahui bahwa tidak semua luka bakar dapat diberikan salep, ya. Misalnya pada luka bakar yang sudah parah, diperlukan penanganan medis yang khusus sesuai kebutuhan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin.

Rekomendasi salep untuk luka bakar

Menurut World Health Organizations (WHO), karakteristik derajat luka bakar dibagi menjadi tiga: derajat 1, derajat 2, dan derajat 3.

Derajat 1: Luka bakar hanya memengaruhi lapisan kulit terluar (epidermis), warna kemerahan dan sedikit perih, tetapi tidak menimbulkan lepuhan.

Derajat 2: Superficial partial thickness merusak lapisan epidermis dan sedikit lapisan dermis, sedangkan deep partial thickness merusak lapisan epidermis dan lapisan dermis yang lebih dalam.

Derajat 3: Luka bakar mengenai jaringan subkutan kulit yang merupakan tempat lemak dan kelenjar keringat.

Pada luka bakar ringan, sebagai pertolongan pertama dan meminimalkan bekas luka, kamu bisa menggunakan beberapa contoh merek salep luka bakar berikut ini:

1. Dermatix Ultra

Dermatix Ultra merupakan salah satu rekomendasi salep untuk luka bakar dan bekas luka. Produk ini mengandung cyclopentasiloxane yang mampu meratakan bekas luka menonjol.

Kandungan vitamin C ester di dalamnya juga membantu mengembalikan warna kulit pada area bekas luka. Selain itu, pemakaian salep dengan bentuk gel sejuk ini juga terasa lembut di kulit.

2. Betanide Salep

Betadine Anti-Septic Ointment dengan warna kemasan kuning khas ini mampu membuat proses penyembuhan menjadi lebih cepat karena bersifat antiseptik.

Produk ini mengandung povidone-iodine 10% yang dapat membunuh kuman penyebab infeksi.

Selain luka bakar, produk ini juga dapat mengatasi luka terpotong, sunat, tergores, dan luka kecil lainnya.

3. Mederma Proaktif Gel

Mederma Gel Proaktif merupakan salah satu rekomendasi salep luka bakar yang terbukti secara klinis dapat memudarkan bekas luka.

Gel ini berbahan dasar air sehingga lembut dan tidak lengket di kulit. Kandungan ekstrak lidah buaya di dalamnya dinilai dapat menutrisi, melembapkan, dan membantu proses regenerasi kulit.

4. Bioplacenton

Pada luka bakar derajat 1-2, kamu bisa menggunakan salep Bioplacenton.

Penggunaan salep ini umumnya efektif untuk mengobati luka bakar, luka dengan infeksi, luka kronik, dan jenis luka lainnya.

Bioplacenton sendiri mengandung Placenta extract dan Neomycin sulfate, yang bekerja membentuk jaringan baru dan mengatasi infeksi bakteri.

5. Pure Paw Paw Ointment Original

Kandungan utama Pure Paw Paw Ointment Original yakni fermentasi buah pepaya yang dilarutkan dalam petroleum jelly dan wax.

Selain untuk luka bakar dan bekas luka, salep ini juga dikenal efektif mengatasi masalah kulit seperti gigitan serangga, terbakar matahari, dan ruam popok.

6. Lanakeloid-E Cream

Sesuai namanya, Lanakeloid-E cream merupakan produk salep luka bakar yang mengandung vitamin E. Kandungan ini dipercaya mampu mempercepat proses regenerasi kulit.

Selain itu, salep ini juga memiliki centella asiatica yang bisa membantu penyembuhan luka semakin cepat.

7. Laderma Scar Repair Cream

Punya bekas luka bakar yang mengganggu? Kamu bisa mengggunakan Laderma Scar Repair Cream yang memiliki kandungan lidah buaya, vitamin C, vitamin E, dan minyak jojoba.

Selain untuk bekas luka bakar, salep ini juga dapat memudarkan bekas luka baru ataupun lama akibat jerawat, operasi, dan gigitan serangga.

Sebagai pengobatan pertama pada luka bakar ringan dan bekas luka lainnya, penggunaan berbagai jenis salep ini cukup efektif. Tapi jika perlu, kamu juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit dan kelamin, ya!

Untuk belanja salep luka bakar, Apotek Pharmaplus menyediakan berbagai merek dengan keaslian yang terjamin 100%. Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut ini agar belanja obat makin mudah dan praktis:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)