Cara Bijak Menggunakan Obat Bebas agar Tetap Aman

Sesuai dengan namanya, obat bebas memang bisa dibeli oleh masyarakat luas secara bebas di pasaran dan tanpa resep dokter. Meski begitu, penggunaannya harus tetap tepat agar tetap efektif dan tidak berbahaya.

Berdasarkan Permenkes No. 917/Menkes/Per/X/1993 tentang Wajib Daftar Obat, berdasarkan penandaannya obat dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok, salah satunya obat bebas.

Obat bebas bertanda lingkaran hijau dengan garis hitam di sekelilingnya. Obat golongan ini dapat dibeli secara bebas tanpa resep dokter dan tersedia di apotek.

Jika digunakan sesuai dengan petunjuk, obat bebas relatif aman dan dapat digunakan untuk mengatasi gejala penyakit ringan non-spesifik.

Bagaimana cara bijak penggunaan obat bebas?

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan obat bebas dan bebas terbatas adalah sebagai berikut:

1. Kenali gejala

Berbagai gejala sakit ringan dapat diatasi dengan penggunaan obat bebas seperti demam, mual, diare, sakit kepala, gejala flu, dan batuk. Sebagai penanganan awal penggunaan obat bebas tetap diperbolehkan, namun pasien juga perlu waspada jika gejala-gejala tersebut tidak menghilang dengan penggunaan obat yang tepat lebih dari 3-5 hari atau jika gejala tersebut menjadi lebih berat dari sebelumnya.

2. Gunakan obat sesuai dengan indikasi

Selalu perhatikan dan baca aturan pakai yang tercantum pada kemasan obat. Penggunaan obat sesuai dengan petunjuk akan menghindarkan pasien dari risiko terjadinya efek samping. Lama penggunaan obat bebas sebaiknya tidak lebih dari 5 hari. Jika lebih dari 5 hari tidak ada perbaikan yang berarti, sebaiknya segera cek ke dokter.

3. Baca kontraindikasi dan tanda/gejala efek samping

Selain aturan pakai, jangan lupa untuk membaca kontraindikasi dan risiko efek samping yang bisa terjadi. Oleh karenanya sebelum menggunakan obat, diharapkan pasien membaca info-info tersebut pada kemasan obat.

4. Perhatikan tanggal kedaluwarsa obat

Sebelum mengonsumsi obat, jangan lupa perhatikan tanggal kedaluwarsa yang tercantum pada kemasan obat. Baik untuk obat yang sudah lama disimpan di rumah ataupun yang baru dibeli.

Apabila tanggal kedaluwarsanya meragukan atau tidak terbaca jelas, sebaiknya ganti dengan produk obat lain yang lebih jelas belum kedaluwarsa.

Jika didapati ada perubahan warna, bau atau rasa, sebaiknya obat tidak digunakan lagi dan ganti dengan obat yang masih dalam keadaan baik.

Jangan ragu konsultasi dengan apoteker kami!

Jika kamu ragu tentang penggunaan obat bebas, termasuk tentang dosis, indikasi, serta risiko efek sampingnya, jangan ragu untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim apoteker terpercaya Apotek Pharmaplus.

Keunggulan lainnya belanja obat dan suplemen di Apotek Pharmaplus:

✅ Dijamin setiap obat 100% asli dan berkualitas
✅ Pilihan obat terlengkap
✅ Lebih hemat setiap hari
✅ Tak perlu repot karena bisa belanja via WhatsApp

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut ini agar belanja obat makin mudah dan praktis:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)

Keyword pencarian:
obat, obat bebas, minum obat, antibiotik, indikasi obat, efek samping obat, apoteker