Daftar Isi Kotak P3K yang Wajib Tersedia di Rumah

Sebagai pertolongan pertama di rumah, kamu perlu menyediakan kotak P3K yang berisi obat-obatan penting. Persediaan ini dapat membantu mengatasi cedera umum dan memberi perawatan pertama pada kondisi darurat secara efektif.

Tapi sayangnya, yang terjadi justru kebanyakan orang malah acuh terhadap keberadaan kotak P3K. Bahkan jika di rumah ada, isinya sering tidak lengkap atau bahkan sudah habis.

Rincian isi kotak P3K yang perlu ada

Supaya persediaan obat penting di rumahmu tetap tersedia, berikut daftar rinciannya:

1. Obat demam

Obat demam dan pereda nyeri adalah obat paling dasar yang perlu tersedia di dalam kotak P3K. Obat-obatan ini bisa mengatasi banyak sakit ringan, nyeri, dan demam akibat infeksi.

Ada beberapa obat demam yang bisa kamu pilih, semua bergantung dari komposisi bahan aktifnya. Mulai dari ibuprofen hingga parasetamol.

2. Obat diare

Diare juga merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa muncul tanpa peringatan. Penyebabnya ada beragam, mulai dari keracunan makanan hingga infeksi virus.

Agar diare tak sampai mengganggu aktivitas harian, jangan lupa sediakan selalu di dalam kotak P3K.

3. Obat batuk

Meski terkesan sepele, batuk juga bisa mengganggu kegiatan sehari-hari dan juga istirahatmu. Sediakan obat batuk seperti dekstrometorfan di dalam kotak P3K.

Tapi jika jenis batuk yang kamu alami adalah batuk berdahak, ekspektoran seperti guaifenesin merupakan obat yang paling efektif untuk meredakannya.

4. Obat alergi

Jika kamu atau salah satu anggota keluargamu memiliki riwayat alergi tertentu, jangan lupa sedia obat alergi di rumah.

Reaksi alergi sendiri dapat mucul tanpa diduga dan cukup mengganggu. Terlebih jika reaksi yang muncul berupa ruam atau biduran, yang dapat mengganggu kenyamanan aktivitasmu.

Contoh jenis obat alergi di antaranya diphenhydramine, loratadine, dan epinephrine.

5. Obat sakit perut

Tak sama dengan diare, ya. Obat sakit perut seperti efek dari gangguan pencernaan juga perlu disiapkan. Obat-obatan jenis ini biasanya dapat digunakan untuk mengatasi mag, sembelit dan juga perut kembung.

6. Perlengkapan dasar lainnya

Selain obat, isi kotak P3K di rumah sebaiknya juga dilengkapi dengan perlengkapan dasar lain untuk penanganan gejala dan cedera ringan. Beberapa di antaranya termasuk:

  • Obat luka
  • Plester
  • Bola kapas
  • Termometer
  • Kompres dingin instan
  • Hand sanitizer

Lengkapi kebutuhan obatmu hanya di Apotek Pharmaplus!

Pastikan kamu membeli kebutuhan obat dan perlengkapan kesehatan lainnya hanya di Apotek Pharmaplus yang terpercaya. Nggak sempat datang? Tak perlu khawatir karena bisa via WhatsApp, lho!

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut ini agar belanja obat makin mudah dan praktis:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)

Keyword pencarian:
kotak p3k, obat demam, obat diare, obat alergi, obat batuk, obat sakit perut, apoteker, aturan pakai obat