5 Cara Salah Minum Obat yang Perlu Dihindari

Meski memiliki kandungan yang ampuh, efektivitas obat bisa berkurang atau bahkan jadi sirna jika cara mengonsumsinya kurang tepat. Maka dari itu, kamu wajib tahu tata cara keliru konsumsi obat yang wajib dihindari.

Dengan begitu, efektivitas dan peluang kesembuhanmu pun jadi tetap stabil dan tidak malah berkurang.

Seperti diketahui, beberapa jenis obat memang bisa diperoleh secara bebas di apotek. Obat-obat tersebut tergolong aman dikonsumsi secara mandiri tanpa perlu resep dokter.

Yang perlu diingat, ingin mengonsumsi obat dokter maupun obat bebas, utamanya adalah perhatikan aturan minum yang tertera pada obat.

Berikut beberapa cara salah minum obat yang perlu dihindari:

1. Mengonsumsi obat dalam jangka panjang

Meski gejala ringanmu sering kambuh, bukan berarti kamu bisa mengonsumsi obat bebas dalam jangka panjang alias terus-terusan, ya!

Ini berisiko bisa membuat kamu malah jadi bergantung pada obat tersebut. Nantinya setiap gejala kambuh, kamu mungkin jadi lebih memilih untuk membeli obat terus-menerus tanpa memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Konsumsi obat bebas dalam jangka panjang berisiko bisa menimbulkan efek samping yang buruk pada tubuh. Seperti dikutip dari laman resmi National Health Service, bahwa konsumsi obat pereda nyeri (contoh: ibuprofen) dalam jangka panjang dapat mengakibatkan masalah usus, seperti radang usus.

2. Minum antibiotik tidak dihabiskan

Dikutip dari laman Yankes Kemenkes RI, saat antibiotik tidak dikonsumsi sesuai seharusnya, maka bakteri bisa jadi resisten (kebal) terhadap jenis antibiotik tersebut. Pengobatan penyakit infeksi dengan antibiotik pun tidak lagi efisien atau bahkan menjadi lebih mahal.

3. Tidak membaca aturan pakai obat

Sebelum mengonsumsi obat, pastikan kamu membaca aturan pakainya dengan cermat dan teliti. Aturan pakai biasanya tertera pada label kemasan masing-masing obat. Aturan pakai obat meliputi dosis, frekuensi, dan waktu minum obat.

4. Mengonsumsi obat melebihi dosis

Bukannya lebih efektif, konsumsi obat dengan dosis yang terlalu tinggi justru berisiko dapat menyebabkan overdosis. Overdosis obat dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, bahkan kematian.

5. Tidak mengonsumsi obat pada waktu yang tepat

Waktu minum yang tepat sangat penting untuk memastikan obat bekerja dengan efektif. Misalnya, ada obat yang perlu dikonsumsi sebelum makan, ada juga yang perlu dikonsumsi setelah makan.

Selain itu, perlu diketahui juga aturan mengenai interaksi obat dengan minuman atau makanan tertentu. Interaksi obat dapat menyebabkan obat tidak bekerja secara efektif atau bahkan menimbulkan efek samping.

Tips minum obat yang aman dan efektif

Agar efektivitas obat tidak menurun, berikut beberapa tips minum obat yang dapat kamu terapkan:

  • Baca aturan pakai obat dengan cermat
  • Konsultasikan dengan dokter atau apoteker jika kamu punya pertanyaan tentang cara minum obat
  • Konsumsi obat sesuai dosis dan waktu yang dianjurkan
  • Hindari mengonsumsi obat dengan minuman atau makanan yang tidak tepat
  • Pastikan untuk menyimpan obat di tempat yang sejuk, kering, dan terhindar dari sinar matahari langsung

Demikian ulasan tentang tata cara salah minum obat yang perlu dihindari. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tim apoteker Apotek Pharmaplus jika masih ragu. Kami siap untuk membantumu memilih produk yang tepat.

Keunggulan lainnya belanja obat dan suplemen di Apotek Pharmaplus:

✅ Dijamin setiap obat 100% asli dan berkualitas
✅ Pilihan obat terlengkap
✅ Lebih hemat setiap hari

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut ini agar belanja obat makin mudah dan praktis:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)

Keyword pencarian:
obat, suplemen, vitamin, daya tahan tubuh, suplemen daya tahan tubuh, suplemen imun, apoteker