Obat Sirup vs Obat Tablet, Mana yang Lebih Efektif?

Secara garis besar, ada dua jenis obat minum yang banyak tersedia: obat sirup dan obat tablet. Di antara kedua jenis sediaan tersebut, adakah yang lebih efektif dibandingkan lainnya?

Obat sirup biasanya lebih disukai oleh anak-anak, karena selain lebih mudah dikonsumsi juga memiliki rasa yang lebih manis. Sementara itu, obat tablet lebih mudah dikonsumsi oleh orang dewasa.

Sebuah studi dalam Medicare Europe juga menyebutkan bahwa obat berbentuk cair atau sirup dianggap lebih cepat dan mudah untuk dicerna daripada obat tablet.

Tetapi meski berbeda bentuk, kedua jenis obat ini memiliki efektivitas serupa. Termasuk untuk mengobati keluhan umum seperti demam, batuk, atau pilek.

Keunggulan masing-masing jenis obat

Berikut beberapa keunggulan dari masing-masing jenis obat yang dapat kamu pertimbangkan saat memilih:

Obat sirup

Seperti disebutkan sebelumnya, obat sirup memiliki rasa yang lebih enak sehingga lebih disukai oleh anak-anak. Ya, biasanya obat sirup (terutama untuk anak) memiliki pilihan rasa buah-buahan, seperti stroberi atau jeruk.

Dengan begitu, saat sakit anak pun jadi lebih mudah diminumkan obat untuk membantu mempercepat proses pemulihannya.

Obat sirup juga lebih cepat diserap oleh tubuh. Ini karena tubuh tidak membutuhkan waktu untuk memecahkan partikel-partikel yang terkandung dalam obat.

Berbeda dengan obat tablet yang dirancang khusus supaya tidak mudah pecah di mulut.

Obat tablet

Meski rasa obat tablet mungkin tidak semanis obat sirup, tetapi obat tablet juga memiliki keunggulan, lho. Salah satunya, obat tablet lebih mudah dibawa bepergian dan lebih cepat ditelan.

Pada dasarnya, efektivitas obat sirup dan obat tablet sama saja. Keduanya dapat memberikan efek yang tidak jauh berbeda dalam mengatasi kondisi medis tertentu.

Namun, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih bentuk obat yang lebih efektif, yaitu:

Usia dan kondisi pasien

Obat sirup lebih mudah dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa yang memiliki kesulitan menelan obat padat. Sementara itu, obat tablet lebih mudah dikonsumsi oleh orang dewasa yang memiliki masalah pencernaan, seperti maag atau GERD.

Ketersediaan obat

Tidak semua jenis obat tersedia dalam bentuk sirup dan tablet. Misalnya, obat untuk penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, biasanya hanya tersedia dalam bentuk tablet.

Apapun pilihan obatmu, semua ada di Apotek Pharmaplus!

Jika masih bingung, kamu dapat berkonsultasi secara gratis dengan apoteker Apotek Pharmaplus. Di Apotek Pharmaplus, kamu juga tak perlu repot karena bisa belanja via WhatsApp.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)

Keyword pencarian:
obat, suplemen, vitamin, daya tahan tubuh, suplemen daya tahan tubuh, suplemen imun, apoteker