Cara Tepat Ukur Dosis Paracetamol Anak

Paracetamol merupakan salah satu jenis obat penghilang rasa sakit dan penurun demam yang umum digunakan anak-anak. Termasuk sering digunakan untuk sakit kepala, sakit telinga, bahkan sakit gigi. Bagaimana cara mengukur dosis paracetamol anak?

Dikutip dari UK National Health Services, paracetamol untuk anak-anak umumnya tersedia dalam bentuk tablet atau sirup. Ada juga sediaan supositoria (dimasukkan melalui lubang anus).

Paracetamol jenis supositoria biasanya digunakan untuk meredakan rasa sakit dan demam pada anak-anak yang sulit menelan tablet atau sirup.

Wajib tahu! Meski paracetamol merupakan salah satu obat umum untuk anak-anak, tetapi bisa berbahaya jika dikonsumsi terlalu banyak. Pemberian paracetamol pun sebaiknya hanya dilakukan jika benar-benar perlu atau berdasarkan anjuran dokter.

Dosis paracetamol anak

Dosis paracetamol anak diukur berdasarkan berat badan, bukan usia. Dosis yang dianjurkan adalah 15 mg/kg setiap 4 hingga 6 jam hingga maksimum 1 gram per dosis, dan tidak lebih dari 4 dosis dalam periode 24 jam.

Meski umumnya tabel dosis ditulis berdasarkan usia, namun anak-anak tentu memiliki berat badan yang berbeda-beda. Maka saat anak sudah bertumbuh, dosis paracetamol yang diberikan pun perlu ditingkatkan berdasarkan berat badannya.

Ini penting untuk memastikan anak mendapatkan dosis yang tepat, sehingga manfaat dari paracetamol itu sendiri bisa lebih optimal.

Saat mengukur dosis, ukur jumlah yang tepat menggunakan wadah penakar atau sendok khusus obat. Selain tersedia dalam kemasan obat minum, alat ini juga tersedia di apotek. Sebaiknya hindari penggunaan sendok dapur karena kadang kurang akurat.

Jenis-jenis sediaan paracetamol

Seperti disebutkan sebelumnya, obat paracetamol di apotek tersedia dalam beberapa jenis sediaan. Mulai dari sirup, tablet, hingga supositoria. Bagaimana aturan tepat penggunaan paracetamol sesuai bentuk sediaannya?

Sirup

Sebelum diminumkan pada anak, kocok botol obat terlebih dahulu setidaknya selama 10 detik. Ukur takaran yang tepat menggunakan wadah atau sendok pengukur khusus.

Berikan sedikit demi sedikit dan tidak perlu langsung banyak sekaligus, terutama jika rasa obat tersebut kemungkinan kurang disukai oleh anak.

Tablet

Apabila anak masih kesulitan menelan obat tablet, gerus terlebih dahulu untuk mempermudah proses anak menelan.

Jika menggunakan tablet larut, masukkan ke dalam segelas air dan aduk untuk memastikan seluruhnya larut sebelum diberikan pada anak.

Supositoria

Paracetamol sediaan supositoria digunakan dengan cara dimasukkan dengan perlahan melalui lubang anus. Umumnya paracetamol jenis ini diberikan hanya berdasarkan anjuran dokter.

Ingat, maksimal pemberian paracetamol untuk anak umumnya 3 hari. Jika setelah waktu tersebut gejala sakit pada anak belum mereda atau justru semakin parah, segera lakukan pemeriksaan lagi ke dokter.

Jika kamu ragu tentang cara mengukur dosis paracetamol anak atau cara tepat mengonsumsinya sesuai sediaan, kamu juga bisa berkonsultasi dengan tim apoteker terpercaya Apotek Pharmaplus.

Keunggulan lainnya belanja obat dan suplemen di Apotek Pharmaplus:

✅ Dijamin setiap obat 100% asli dan berkualitas
✅ Pilihan obat terlengkap
✅ Lebih hemat setiap hari
✅ Konsultasi gratis dengan apoteker terpercaya

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut ini agar belanja obat makin mudah dan praktis:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)

Keyword pencarian:
obat, obat demam, paracetamol, obat demam anak, kedaluwarsa obat, suplemen, apoteker, aturan pakai obat