4 Hal yang Perlu Diperiksa Sebelum Membeli Obat

Saat membeli obat, pastikan kamu selalu memeriksa hal-hal penting untuk mencegah pembelian barang palsu. Nah, apa saja yang perlu diperiksa?

Menurut laman Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM), konsumen harus cerdas dan teliti saat memilih obat-obatan. Pasalnya, salah minum obat bisa menimbulkan berbagai jenis efek samping yang berbahaya.

Terlebih saat ini sudah banyak produsen obat yang sebenarnya belum terdaftar resmi. Kamu juga perlu memerhatikan apakah obat yang dibeli benar-benar asli dari pabriknya, alias bukan produk palsu.

Untuk memastikan hal tersebut, BPOM menganjurkan cek ‘KLIK’. KLIK merupakan singkatan dari Kemasan, Label, Izin edar, dan Kedaluwarsa. Nah, 4 hal ini wajib kamu periksa sebelum membeli obat di apotek atau toko.

Metode cek obat ini bisa mencegah kamu mendapatkan obat-obatan palsu, tidak resmi, atau yang sudah lewat masa berlakunya.

1. Kemasan

Periksa apakah kemasan obat masih layak dijual. Sebagai contoh, jika box obat sudah tampak usang dan berlubang, artinya kemungkinan besar obat tidak disimpan di tempat yang layak. Isinya pun mungkin sudah rusak dan tidak layak konsumsi.

Cek juga apakah kemasannya sudah pudar, tampak luntur, atau robek. Jika ya, sebaiknya obat jangan dibeli dan dikonsumsi karena jangka simpannya sudah terlalu lama.

2. Label

Selalu baca lagi label obat yang akan dibeli, meskipun mungkin kamu sudah beberapa kali membeli obat yang sama. Apa saja yang perlu diperhatikan dari label kemasan obat?

  • Nama produk
  • Komposisi atau bahan aktif (misalnya paracetamol atau aluminium hidroksida)
  • Kategori obat (misalnya analgesik, antihistamin, atau dekongestan)
  • Indikasi obat (misalnya meredakan gejala seperti pilek, hidung tersumbat, gatal karena alergi, batuk berdahak, atau mual)
  • Peringatan bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu
  • Dosis obat

3. Izin edar

Pastikan obat-obatan yang hendak dibeli dan dikonsumsi sudah memiliki izin edar dari BPOM. Biasanya ini ditandai dengan nomor registrasi yang tercantum.

4. Kedaluwarsa

Selalu cari tanggal kedaluwarsa obat sebelum membeli obat. Obat yang sudah kedaluwarsa selain merusak efektivitas, juga mungkin mengalami perubahan komposisi kimia tertentu yang berbahaya bagi kesehatan.

Pilihan obat terlengkap dan berkualitas hanya di Apotek Pharmaplus!

Apotek Pharmaplus selalu memberikan pelayanan kefarmasian terbaik dengan harga terjangkau yang dapat selalu diandalkan. Didukung oleh stok obat yang lengkap dan apoteker terbaik yang siap memberikan solusi yang dapat dipercaya untuk keluarga anda.

Keunggulan lainnya belanja obat dan suplemen di Apotek Pharmaplus:

✅ Dijamin setiap obat 100% asli dan berkualitas
✅ Pilihan obat terlengkap
✅ Lebih hemat setiap hari
✅ Konsultasi gratis dengan apoteker terpercaya

Segera hubungi nomor WhatsApp cabang Apotek Pharmaplus berikut ini agar belanja obat makin mudah dan praktis:

📍Alam Sutera (08119953031)
📍Bintaro (08118747878)
📍BSD (08118849856)
📍Depok (08119717418)
📍Panglima Polim (08118887874)
📍Tebet (08118849600)
📍Tebet Raya (08119188781)
📍Kemang (08118115779)
📍Samarinda (08118430079)

Keyword pencarian:
obat, minum obat, kedaluwarsa, label obat, apoteker, aturan pakai obat, efek samping obat